Berita

Kebutuhan Akan Talenta Digital Indonesia

  •   pipito
  •   18 April 2021
  •   12:50pm
  •   Berita
  •   371 kali dilihat

SAMARINDA- Menyadari kebutuhan akan talenta digital Indonesia yang begitu besar, Kementerian Kominfo menggunakan pendekatan komprehensif yang mencakup 3 (tiga) tingkatan kecakapan digital.

Hal tersebut dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate saat Grand Lauching 4 (empat) Pilar Kurikulum dan Modul Literasi Digital di Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini.

Lanjut ia terangkan di level advanced atau tingkat lanjutan, program Digital Leadership Academy (DLA) diinisiasi untuk meningkatkan kapasitas pembuat kebijakan digital (digital decision maker) baik di sektor publik maupun privat,” jelasnya.

Program ini, ditujukan untuk 300 leaders dan dilakukan secara daring, mengingat situasi pandemi Covid-19, dengan menggandeng pusat-pusat pengembangan ekosistem digital global di Tiongkok, India, Singapura, Estonia, Amerika Serikat dsb.

“Sedangkan di tingkat menengah (intermediate digital skill), program Digital Talent Scholarship (DTS) juga diadakan untuk memberikan pelatihan teknis bagi para angkatan kerja muda, lulusan baru, profesional dan elemen masyarakat lainnya. Program ini mengajarkan berbagai kecakapan era digital seperti artificial intelligence, machine learning, cloud computing, cybersecurity, digital entrepreneurship, digital communication dan sebagainya,” paparnya,

Tahun 2021 ini, kami memberikan 100.000 beasiswa DTS untuk masyarakat Indonesia dengan tema-tema seperti tersebut sebelumnya,” beber Menteri Kominfo.

Modul ini merupakan manifestasi kolaborasi dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Kementerian Kominfo, tutup Johnny G Plate. (Youtube Kemkominfo TV/pt)