Berita

Kantor Bahasa Kaltim Sosialisasi Pemilihan Duta Bahasa ke FIB dan FH Unmul

  •   Hendra Saputra
  •   26 Februari 2023
  •   7:31am
  •   Berita
  •   258 kali dilihat

Samarinda - Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan Koordinasi sekaligus Sosialisasi Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman (UNMUL), belum lama ini.

Kegiatan dihadiri oleh Dekan, Pembantu Dekan, dosen dan perwakilan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (perwakilan prodi Sastra Indonesia, Sastra Inggris dan Etnomusikologi), serta mahasiswa Fakultas Hukum. Sementara Tim Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur, terdiri atas Halimi Hadibrata selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kaltim, Panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2023, serta Pemenang I dan II Duta Bahasa Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2022, Tiffanisia Ping dan Sonya Soraya.

Dalam kegiatan di FIB Unmul Dr. H. Masrur Yahya, M,Hum selaku Dekan FIB Unmul,menyampaikan ucapan Terima kasih atas kehadiran Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur beserta jajaran dalam sosialisasi Pemilihan Duta Bahasa Tahun 2023.

“Kantor Bahasa dan FIB selama ini sudah menjalin kemitraan dengan baik. Semoga bisa terus ditingkatkan. Sosialisasi hari ini sekaligus memperkenalkan Prodi di FIB, seperti etnomusikologi. Semoga mahasiswa dapat terlibat aktif dan berdampak positif bagi penjenamaan FIB Unmul,”ucapnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Hukum, Dr. Mahendra Putra Kunia, M.H. mengatakan Bahasa hukum penting. Bahasa menjadi kekuatan utama dalam sebuah produk hukum. Sebuah kesalahan dapat menimbulkan multi-interpretasi menyebabkan ketidakpastian hukum. Ejaan-ejaan baku saat ini harus dipahami dengan baik.

Ia pun menambahkan Fakultas Hukum mengambil kebijakan bahwa mahasiswa yang mengikuti Pemilihan Duta Bahasa dan terlibat dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan Kantor Bahasa Kaltim dengan melibatkan Duta Bahasa, akan dikonversi sebagai pengganti KKN. Ini merupakan penerapan Merdeka Belajar bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan keilmuan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dengan adanya sosialisasi Pemilihan Duta Bahasa, berharap mahasiswa kami banyak terlibat. Harapan saya Duta Bahasa dapat berdampak baik. Mahasiswa hukum juga memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar, “harapnya.

Selanjutnya, Halimi Hadibrata dalam sambutannya, pada kedua kesempatan berbeda tersebut mengucapkan terima kasih atas kemitraan yang sudah terjalin baik dengan FIB maupun FH.

Halimi berharap ada kemitraan yang sudah terbina dapat terus ditingkatkan. Dirinya menekankan bahwa Duta Bahasa akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang diadakan Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur. Oleh karena itu, hal ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk menimba pengalaman.

Ali Kusno selaku perwakilan KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum memaparkan berbagai layanan ahli bahasa dalam ranah hukum.

“Selama ini kami telah memberikan layanan ahli bahasa bagi Kepolisian Daerah Kalimantan Timur. Kemitraan juga telah dijalin dengan berbagai instansi dan organisasi profesi terkait dalam upaya layanan dan pembinaan bahasa hukum. Kegiatan ilmiah seperti seminar dengan mengangkat tema tentang bahasa hukum kami harapkan dapat dilaksanakan Fakultas Hukum melibatkan Kantor Bahasa Provinsi Kaltim,” bebernya.

Di tempat yang sama Pandu Pratama Putra selaku Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2023, Tiffanisia Ping dan Sonya Soraya secara bergantian menyampaikan teknis pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2023. Ketiganya sekaligus memotivasi agar mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Hukum dapat memanfaatkan kesempatan ini. Pemilihan Duta Bahasa akan memberikan pengalaman berharga bagi peserta. Panitia juga menyiapkan hadiah total sebesar 26 juta rupiah. 

“Saya pribadi merasakan banyak manfaat dengan mengikuti Duta Bahasa. Saya tadinya tertutup, tidak percaya diri, dan sama sekali tidak memimpikan menjadi Pemenang I. Ternyata setelah saya jalani, saya bisa dan dapat merasakan banyak manfaatnya, seperti saat ini berani untuk tampil di depan publik. Jadi, silakan teman-teman memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” kata Tiffanisia Ping. (hend/pt)