Berita

Kaltim Masuk 5 Provinsi Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi

  •   Bagus Setiawan
  •   29 Juli 2021
  •   12:02am
  •   Berita
  •   401 kali dilihat

Kaltim Masuk 5 Provinsi Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi

Samarinda - Kalimantan Timur termasuk dari 5 Provinsi di luar Jawa Bali dengan kasus aktif Covid-19 tertinggi. Provinsi lainnya diantaranya Sumatera Utara, Papua, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Menanggapi kondisi tersebut, Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan bahwasannya dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kaltim telah melakukan segala daya upaya kaitannya dengan penanganan Covid-19.

Keterangan tersebut disampaikannya kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku pimpinan Rapat Evaluasi Perkembangan dan Tindak Lanjut PPKM di Luar Jawa-Bali secara virtual, Rabu (28/7).

Sosok nomor satu di Benua Etam ini kemudian kembali menekankan kondisi Kaltim yang saat ini masih krisis dalam ketersediaan oksigen. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan kuat dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Oksigen di seluruh Kabupaten/Kota.

Selain ketersediaan oksigen, kendala lainnya turut disampaikan oleh Isran yaitu kurangnya tenaga kesehatan dan vaksin.

"Kalau ada vaksin kami tidak akan menunda-nunda, kami laksanakan vaksinasinya dilapangan bekerjasama dengan TNI dan Polri,” ucap Gubernur Kaltim.

Respon cepat langsung diberikan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin khususnya perihal vaksin. Budi menerangkan bahwa Kemenkes akan segera menambah pengiriman vaksin ke 5 provinsi di luar Jawa-Bali yang merupakan daerah dengan kasus aktif tertinggi hingga tanggal 31 Juli. Sementara pada bulan Agustus mendatang terdapat tambahan vaksin sebanyak 25 juta dosis untuk mempercepat vaksinasinya.

Sedangkan untuk pemenuhan oksigen, Kemenkes juga tengah melakukan koordinasi ke setiap Satgas oksigen serta instansi terkait lainnya seperti Dinas Perindustrian dan Dinas Kesehatan Kaltim guna menjalin kerjasama dengan perusahaan pengindustrian pengisi oksigen di Kaltim.(bgs/ty)