Berita

Kaltim Komitmen Tingkatkan Kapasitas Perempuan Kepala Keluarga

  •   Ceppy
  •   26 Februari 2024
  •   3:15am
  •   Berita
  •   439 kali dilihat

Kaltim Komitmen Tingkatkan Kapasitas Perempuan Kepala Keluarga

PPU - Sebagai bentuk pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkomitmen dalam peningkatan pemberdayaan perempuan berbasi masyarakat, terkhusus kepada para perempuan kepala keluarga (PEKKA) melalui program Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan.

Seperti yang kita ketahui, pentingnya memberdayakan perempuan dalam wirausaha terletak pada dampak positif terhadap keluarga, masyarakat, dan ekonomi secara keseluruhan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita saat Malam Ramah Tamah sekaligus Pembuka Rakorda PPPA Kaltim 2024, Minggu (25/02/2024) malam.

 

"Karenanya, dengan memberikan akses yang setara terhadap peluang bisnis dan sumber daya, kita tidak hanya membuka pintu bagi kemajuan ekonomi, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan keluarga, memupuk perubahan positif dalam dinamika sosial serta menciptakan kesetaraan gender dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.” paparnya.

Hal ini, lanjutnya juga merupakan salah satu upaya untuk peningkatan pemberdayaan perempuan pada sektor ekonomi agar dapat berperan sebagaimana mestinya untuk dapat mengangkat sumbangan pendapatan perempuan di Kalimantan Timur.

Senada, Sekretaris Kabupaten PPU Tohir juga menambahkan persoalan ekonomi masyarakat yang kompleks salah satunya juga dimungkinkan karena kondisi seperti ketimpangan dan belum setaranya peluang bagi seluruh gender. Kemudian, diikuti pula dengan masalah sosial, kesehatan, dan lingkungan.

 

"Harapannya, melalui Rakorda ini dapat dirumuskan langkah-langkah yang tepat berkaitan dengan isu saat ini yaitu berkaitan dengan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan perempuan” timpalnya.

Adapun kegiatan Rakorda ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari Kepala Dinas PPPA Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal di Kalimantan Timur, Perangkat Daerah terkait, dan Pejabat Struktural dan Fungsional DKP3A Provinsi Kaltim.

Agenda ini disempurnakan dengan kehadiran para narasumber ahli yang kompeten di bidangnya pada pelaksanaan hari kedua Rakor pada Senin (26/02/2024) nantinya. (cpy/pt)