Berita

Kaltim Dapat Kuota UKW Gratis Untuk 54 Wartawan

  •   prabawati
  •   10 Februari 2021
  •   4:45pm
  •   Berita
  •   275 kali dilihat


Samarinda---- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim Endro. S. Effendi mengatakan bahwa pada tahun 2021 mendapatkan jatah kuota untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKM) bagi 54 wartawan secara gratis tanpa dipungut biaya

"Berkat lobi-lobi yang telah kami lakukan, Dewan Pers berikan kesempatan 54 wartawan untuk sertifikasi,"ucapnya pada peringatan Peringatan Hari Pers Nasional 2021, secara virtul, Selasa (9/2).

Rencananya pelaksanaan proses sertifikasi tersebut akan digelar pada Juni mendatang selepas Hari Raya Idul Fitri. Pelaksanaan UKW untuk semua jenjang dari muda, madya dan utama.

"Kami berikan kesempatan ini terbuka kepada teman-teman di seluruh Kalimantan Timur yang ingin mengikuti uji kompetensi wartawan,"sebutnya

Menurutnya sertifikasi bagi para pewarta merupakan kegiatan yang cukup langka dan menjadi satu syarat dalam proses jurnalistik.

Lebih lanjut dia mengungkapkan akhir Februari juga akan ada UKW di Bontang, serta bulan Maret akan dilaksanakan di Tenggarong.

Hingga saat ini terangnya, ada 3 Daerah yang belum ada pengurus PWI yaitu Penajam Paser Utara, Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Tambahnya PWI ini unik, karena syarat untuk mendirikan PWI atau kepengurusan di daerah harus ada minimal tiga anggota biasa PWI. Syarat anggota biasa PWI itu adalah uji kompetensi wartawan. (Prb/ty)