Berita

Kaltim Alami Hari Tanpa Hujan Sangat Pendek

  •   prabawati
  •   22 Juli 2021
  •   1:07pm
  •   Berita
  •   495 kali dilihat

Samarinda--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan Provinsi Kalimantan Timur mengalami hari tanpa hujan dengan kategori sangat pendek.

"Peta monitoring hari tanpa hujan yang diupdate tanggal 20 Juli 2021 Kaltim masih mengalami hujan," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG kelas 1 Bandara Sepinggan Balikpapan Mulyono Leonardo di Samarinda, Kamis (22/7).

Mulyono menjelaskan sebagian besar wilayah Kaltim mengalami hari tanpa hujan dengan kriteria sangat pendek (1-5 hari) hingga kriteria Pendek (6-10 hari).

Istilah hari tanpa hujan jelasnya merupakan kriteria yang menandakan dimana daerah tersebut terjadi hujan dan tidak hujan. Selain kriteria sangat pendek juga terdapat kriteria kekeringan ekstrem yakni sudah lebih 60 hari tidak mengalami hujan.

Kaltim saat ini menurut Mulyono, sudah masuk musim transisi untuk itu masyarakat diminta waspada.  Karena dimusim transisi ini kondisi cuaca sangat dinamis cepat berubah dan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir longsor, gelombang tinggi sangat terjadi dimusim transisi.

Lanjutnya, musim transisi diprediksi sampai bulan Juli ini. Sementara Bulan Agustus diprediksi akan memasuki bulan kemarau.

"Kita berharap dimasa transisi ini masyarakat tetap mengupdate informasi dari BMKG dan selalu waspada terhadap perubahan-perubahan cuaca yang sangat signifikan,"pintanya (Prb/ty)