Berita

Kadis Kominfo Beri Materi Dasar-Dasar Jurnalistik Bagi Ojol

  •   prabawati
  •   14 Desember 2021
  •   1:37pm
  •   Berita
  •   600 kali dilihat

Samarinda - Mengenakan batik hitam bercorak kuning keemasan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kaltim Muhammad Faisal memberikan materi dasar-dasar jurnalistik bagi Sumber Daya Manuasia (SDM) Ojek Online Bersama Lindungi Anak (Ojol Berlian), di Hotel Aston, Selasa (14/12).

Faisal mengatakan setiap orang memiliki peluang yang sama untuk menjadi citizen jourlism termasuk Ojol. Setiap masyarakat bisa menjadi jurnalis menurut versinya masing-masing.

"Tapi hati-hati kalau buat berita, di dalam berita harus mengandung unsur 5W+ 1H,"ucapnya.

Menurutnya, setiap orang kini bisa menulis dan menyampaikan tulisannya kepada khalayak dengan mudah.

Teknologi media baru, seperti jaringan sosial media masyarakat sering melaporkan berita lebih cepat dari pada wartawan media.

Lanjutnya, peristiwa atau kejadian menjadi titik penting bagi pembaca, sehingga pembaca akan tertarik untuk membaca berita yang dibuat.

"Ketika Ibu dan Bapak membuat sesuatu berita atau statement di media buatlah yang menggugah,"ungkapnya.

Menurutnya, siapa pun bisa membuat berita, terdapat 177 juta pengguna internet dan rata-rata 3 sampai 4 jam dalam sehari terkoneksi internet.

Sebagai agen informasi, Faisal meminta masyarakat tidak lagi menyebar berita hoax. Tetapi masyarakat harus membantu menyebarkan berita bagus untuk kepentingan masyarakat. (Prb/ty).