Berita

Jokowi Resmikan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan Seksi I dan V

  •   Ade Putri
  •   24 Agustus 2021
  •   5:25pm
  •   Berita
  •   684 kali dilihat

Samarinda - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan seksi I dan V, Selasa (24/8).

Saat peresmian Jokowi tampak didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Alhamdulilah telah selesai seluruh ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 KM telah tuntas dikerjakan,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan.

Jokowi juga mengatakan ini menjadi momen bersejarah dikarenakan tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama yang ada di pulau Kalimantan.

“Ini capaian yang patut kita syukuri karena kita ingin pembangunan insfatruktur itu tidak hanya terpusat di pulau Jawa saja atau di pulau Sumatera tapi juga merata ke pulau pulau yang lain,” tuturnya dengan gembira.

Peresmian jalan tol ditandai dengan dilakukannya penekanan tombol sirine oleh Jokowi serta dilanjutkan dengan menandatangani prasasti.

Sebagai informasi tol ini terbagi menjadi lima seksi yaitu, Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan, Seksi I ruas Balikpapan-Samboja, Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa, Seksi III Muara Jawa-Palaran dan Seksi IV Palaran-Samarinda.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total 4 gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran.

Selain itu, jalan tol ini juga dilengkapi dengan dua Rest Area tipe A yang telah selesai dibangun di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda dan dikelola anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business.

Dengan beroperasinya seksi I dan V Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, jalan tol akan tersambung secara penuh dari Balikpapan sampai Samarinda. (ade/pt)