Berita

Jokowi: Pandemi Seperti Kawah Candradimuka

  •   Ade Putri
  •   16 Agustus 2021
  •   2:41pm
  •   Berita
  •   586 kali dilihat

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengibaratkan pandemi Covid-19 seperti kawah candradimuka.

“Pandemi itu seperti kawah candradimuka yang menguji, mengajarkan, sekaligus mengasah. Pandemi memberikan beban yang berat kepada kita, beban yang  penuh dengan risiko, dan memaksa kita untuk menghadapi dan mengelolanya,” ujarnya saat Pidato Kenegaraan Dalam Sidang Tahunan MPR RI yang disiarkan langsung di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (16/8/2021).

Menurutnya, ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan, semuanya diuji sekaligus diasah.

"Ujian dan asahan menjadi dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Bukan hanya beban yang diberikan kepada kita, tetapi kesempatan untuk memperbaiki diri juga diajarkan kepada kita," imbuhnya.

Jokowi juga mengatakan, tatkala ujian itu terasa semakin berat, asahannya juga semakin meningkat, itulah proses menjadi bangsa yang tahan banting,  kokoh, dan yang mampu memenangkan gelanggang pertandingan.

“Perjalanan sejarah bangsa Indonesia telah melalui etape-etape ujian yang berat. Alhamdulillah kita berhasil melampauinya. Kemerdekaan Republik Indonesia bukan diperoleh dari pemberian ataupun hadiah,” sebutnya.

Dia menyebutkan kemerdekaan Republik Indonesia diperoleh melalui perjuangan di semua medan. Perang rakyat, perang gerilya, dan diplomasi di semua lini, maka buahnya menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.(ade/as)