Berita

Jokowi Groundbreaking Proyek Apartemen The Pakubuwono

  •   Hendra Saputra
  •   21 Desember 2023
  •   10:29am
  •   Berita
  •   779 kali dilihat

Nusantara - Presiden Jokowi secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan apartemen The Pakubuwono Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan konsep bangunan apartemen ini menerapkan green building.

"Pagi hari ini saya senang sekali karena pembangunan yang akan dilakukan oleh PT Pakubuwono ini di IKN, karena ini adalah pembangun apartemen yang berkelas yang saya tahu," kata Jokowi, Kamis (21/12/2023).

Jokowi mengatakan IKN dibangun dengan konsep kawasan hijau. Dia melihat rencana bangunan The Pakubuwono Nusantara ini menggunakan konsep green building.

"IKN ini dibangun dengan konsep kawasan yang hijau, lingkungan yang hijau, dan gedungnya harus gedungnya harus gedung yang hijau, green building dan kalau kita lihat tadi secara sepintas rencana untuk membangun The Pakubuwono Nusantara ini betul-betul sangat sesuai dengan konsep Ibu Kota Nusantara," katanya.

Jokowi juga sempat berdiskusi dengan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil terkait rancangan apartemen ini. Dia menyebut Ridwan Kamil tidak memberikan koreksi.

"Tadi di depan saya sampaikan kepada Pak Ridwan Kamil untuk gambarnya, gambar rencana untuk Pakubuwono Nusantara 'ada koreksi Kang Emil?' beliau menyampaikan nggak ada. Nilainya 9, kalau saya menilai karena bukan arsitek 10. Ini bagus sekali," tutur dia.

Jokowi menyebut The Pakubuwomo Nusantara ini hunian berstandar internasional. Serta, kata dia, bangunannya ramah lingkungan.

"Telah disiapkan oleh The Pakubuwono Nusantara. 2 tower apartemen, monumental dengan investasi sebesar kurang lebih 1 triliun akan segera dimulai dan hunian apartemen berstandar internasional yang ramah lingkungan betul-betul ramah lingkungan, untuk menciptakan kenyamanan dan efisiensi dan mempersembahkan sebuah kemajuan dan inovasi," katanya.

"Saya yakin kehadiran dan pengalaman dan reputasi yang dimiliki The Pakubuwono akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan IKN yang akan datang," imbuhnya. (hend/pt)