Berita

Jokowi Dukung Pembangunan Rumah Sakit Hermina Nusantara dengan Konsep Eco Green dan Smart Hospital

  •   Teguh Prasetyo
  •   1 November 2023
  •   4:22pm
  •   Berita
  •   832 kali dilihat

Nusantara- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hermina Nusantara di Ibu Kota Nusatara (IKN), Rabu (1/11/2023). Pembangunan rumah sakit ini merupakan bagian dari komitmen Hermina untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Ibu Kota Negara Nusantara.

Direktur Utama RS Hermina, Hasmoro menyampaikan bahwa saat ini Hermina memiliki 46 rumah sakit di seluruh Indonesia, termasuk di Balikpapan dan Samarinda (Kalimantan Timur). Rumah Sakit Hermina Nusantara, dengan luas 2,07 hektar, akan menjadi institusi layanan internasional yang akan meramaikan Ibu Kota Nusantara. Dengan desain 8 lantai berkonsep Green dan Smart Hospital, rumah sakit ini akan memiliki kapasitas 200 tempat tidur.

Hasmoro mengucapkan terima kasih kepada Presiden beserta jajaran yang telah mendukung proses perizinan dan groundbreaking rumah sakit ini. Mereka menargetkan rumah sakit ini dapat dioperasikan pada akhir bulan Juli tahun 2024 dengan anggaran pembangunan mencapai 650 miliar. Fokus utama pembangunan akan terarah pada pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan pasien VVIP dan BPJS, sesuai dengan program-program pemerintah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden beserta jajaran yang telah membantu proses perizinan rumah sakit ini dapat melakukan groundbreaking pada hari ini dengan dukungan dan kerjasama dan komitmen bersama dengan jajaran kami targetkan rumah sakit ini dapat dioperasikan pada akhir bulan Juli tahun 2024," tambahnya.

Presiden Joko Widodo menyampaikan kegembiraannya terkait pembangunan rumah sakit ini. Beliau menyatakan bahwa dengan adanya Rumah Sakit Hermina Nusantara, keluarga di IKN tidak perlu ragu lagi tentang ketersediaan layanan kesehatan. Proyek ini akan menjadi rumah sakit internasional berbasis Eco Green dan Smart Hospital, serta ramah lingkungan dengan konsep Green Gading, memanfaatkan energi terbarukan dan didukung oleh digitalisasi Smart Hospital.

Masyarakat di IKN dan sekitarnya diharapkan dapat menikmati pelayanan kesehatan unggul, termasuk layanan gawat darurat, trauma center, ortopedi, tumbuh kembang anak dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menekankan bahwa Rumah Sakit Hermina Nusantara tidak hanya akan melayani pasien VIP, tetapi juga pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).  Hal ini dianggap sangat positif dan diharapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat dan investor untuk tinggal di IKN.

Tampak hadir Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala OIKN Bambang Susantono dan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.(tp/pt)