Berita

JMSI Kaltim Resmi Dilantik, Teguh Ingatkan Bangun Ekosistem Pers Sehat dan Profesional

  •   Teguh Prasetyo
  •   29 Juni 2022
  •   5:04pm
  •   Berita
  •   574 kali dilihat

Samarinda – Mohammad Sukri resmi menjabat sebagai Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Kalimantan Timur periode 2020 - 2025.

JMSI Kaltim yang sudah berdiri sejak tahun 2020 namun baru tahun ini 2022 dilantik. Pelantikan tersebut langsung dilakukan oleh Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa di Ballroom Hotel Aston Samarinda, Rabu (29/6/2022).

"Yang pertama saya ucapkan selamat kepada bang Sukri dan kawan - kawan pengurus JMSI Kaltim," ungkap Teguh mengawali sambutannya.

JMSI ini merupakan salah satu dari organisasi perusahaan siber yang resmi diakui negara dan diakui oleh Dewan Pers, tambahnya.

Mengapa dari tujuh organisasi perusahaan Pers, ada 3 (tiga) organisasi media siber? Jawabanya adalah karena memang perkembangan teknologi digital semakin berkembang pesat.

"Kemudian bertemu dengan keinginan kawan - kawan yang berprofesi sebagai wartawan yang ingin menjadi enterpreneur dibidang informasi memanfaatkan teknologi digital," jelas Teguh

Lanjut ia katakan Perusahaan media siber harus sehat secara bisnis. Ini adalah tantangan yang tidak sederhana ditengah persaingan yang semakin ketat. Produk pemberitaan yang dihasilkan perusahaan media siber harus mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik.

Mantan anggota Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu kembali menyampaikan bahwa JMSI didirikan tidak sekadar untuk menjadi konstituen Dewan Pers, melainkan untuk ikut membangun ekosistem pers nasional yang sehat dan professional, tegasnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Seminar Nasional dengan narasumber Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana dengan tema Media dan wartawan berintegritas melawan korupsi.

Tampak hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, Walikota Samarinda Andi Harun, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Wakil Walikota Bontang Najirah, Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala BNN Kaltim Wisnu Andayana.