Berita

Januari Full Senyum, Perayaan HUT Kaltim Bagikan Kegembiraan Awal Tahun

  •   Khajjar Rohmah
  •   7 Januari 2024
  •   7:11pm
  •   Berita
  •   579 kali dilihat

Samarinda - Bulan Januari menjadi penanda pergantian tahun dan menjadi langkah awal memulai tahun yang baru. Bagi warga Kalimantan Timur (Kaltim), Januari juga menjadi bulan istimewa. Karena pada bulan ini lah, provinsi di wilayah timur Pulau Kalimantan ini berdiri. 

Provinsi Kaltim berdiri pada 9 Januari tahun 1957. Tahun ini Provinsi Kaltim memasuki usia matang, 67 tahun. Pemerintah Provinsi Kaltim akan membagikan kegembiraan awal tahun dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang dikemas super meriah namun tetap berkesan. 

HUT Kaltim yang diperingati setiap tanggal 9 Januari, tahun ini mengusung tema "Membangun Kaltim untuk Nusantara". 

Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 67 Provinsi Kaltim dikemas dengan tajuk Pesta Rakyat Kaltim (PRK). Hajatan besar warga Bumi Etam ini akan dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik pada Selasa (9/1/2024). 

Seluruh rangkaian acara pesta rakyat, dipusatkan di komplek Gelanggang Olahraga Kadrie Oening Sempaja, Samarinda. Pesta Rakyat Kaltim akan dihelat full sepekan ke depan yang diisi dengan berbagai tampilan acara yang memukau. Seluruh Perangkat Daerah (PD) lingkup provinsi juga dilibatkan dengan mengisi acara tematik setiap harinya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni menyampaikan, hajat besar pemerintah provinsi tahun ini dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 67 Kaltim, memang dikemas secara khusus dari masyarakat dan untuk masyarakat. 

Di samping itu, keterlibatan seluruh perangkat daerah juga dimaksudkan untuk memberikan ruang kepada masyarakat agar mengetahui program-program bermanfaat yang dimiliki setiap perangkat daerah. 

"Harapannya seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan sukses, meriahdan tentunya dirasakan kebermanfaataannya dan dapat menghibur masyarakat semua," harap Sekda Sri. 

Acara Pesta Rakyat Kaltim akan dimulai sejak 9 hingga 13 Januari 2024 mendatang. 

Adapun berbagai rangkaian acara menarik yang akan mengisi event PRK di antaranya adalah festival band lokal, bazar UMKM, expo kuliner, wastra, dan kriya, lomba OPD Got Talent, FUN Ranking 1, talkshow dan podcast, art exhibition, fashion show, senam, pasar murah, jalan santai, serta berbagai games dan perlombaan menarik. Pihak panitia juga menyiapkan doorprize dan berbagai hadiah menarik lainnya. (KRV/pt)