Berita

Jangan Melenceng, Jadikan P3SPS Sumber Inspirasi Kreatif Lembaga Penyiaran Kaltim

  •   resa septy
  •   19 Desember 2021
  •   10:17am
  •   Berita
  •   451 kali dilihat

Samarinda – Penyiaran sehat sebagai pendorong kesiapan perpindahan Ibukota Negara (IKN) menjadi penting, lantaran Provinsi Kalimantan Timur ditunjuk sebagai Ibukota Negara (IKN) baru. Perlu adanya langkah khusus Lembaga Penyiaran sebagai media informasi, pendidikan dan hiburan mengambil bagian di dalamnya untuk sungguh-sungguh menyajikan tayangan yang sehat dan tepat untuk masyarakat.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Timur, Bawon Kuatno pada kesempatannya mengkonfirmasikan terkait kesiapan penyelenggaraan KPID Award 2021 melalui rekaman suara WhatsApp, Kamis (1612).

“Kita tidak ingin penyiaran di Kaltim itu berdampak negatif terhadap masyarakat. Untuk itulah kita dorong penyiaran sehat oleh Lembaga Penyiaran di Kalimantan Timur sebagai kesiapan Ibukota Negara yang akan datang,” ucap Bawon.

Penyiaran sehat yang dimaksud ialah penyiaran yang mengacu pada regulasi. Ia meyakini dalam hal ini Lembaga Penyiaran di Kaltim paham bahwa konten siaran harus mengacu pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang telah di tekan oleh KPI.

Bawon menyebutkan jika hal tersebut tidak dilaksanakan dengan baik dan mengacu pada regulasi, maka akan berdampak negatif terhadap iklim (penyiaran) Kaltim itu sendiri. Baik secara investasi, keamanan jadi tidak kondusif tentunya.

Untuk itulah tak hentinya ditekankan olehnya Lembaga Penyiaran memiliki peranan yang sangat vital untuk menyajikan informasi-informasi, pendidikan hingga hiburan yang sehat dan tepat sesuai kebutuhan masyarakat, urainya.

“Kita inginkan setiap lembaga penyiaran yang beroperasi di wilayah Kalimantan Timur menjadikan P3SPS menjadi sumber inspirasi kreatif. Jadi jangan sampai melenceng daripada P3SPS,” tutupnya. (resa/pt)