Berita

Jaga Ideologi Pancasila, Terapkan Nilainya di Segala Aspek Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

  •   resa septy
  •   30 September 2021
  •   4:08pm
  •   Berita
  •   2621 kali dilihat

Samarinda - Pancasila merupakan ideologi yang menjadi dasar dan landasan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semua nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sangatlah perlu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, di segala aspek berbangsa dan bernegara.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Timur, Sufian Agus menyatakan hal tersebut saat ditemui di ruang kerjanya Badan Kesbangpol Kaltim, Kamis (30/9).

“Ideologi Pancasila itu terbukti mampu menjaga persatuan di tengah keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Oleh karenanya harus dijaga dan dirawat oleh setiap insan tanah air. Agar tidak ditelan zaman,” kata Agus sapaan akrabnya.

Merawat yang dimaksudnya ialah bagaimana setiap individu memahami isi dari Pancasila. Ia menekankan bahwasannya hal tersebut perlu ditanamkan terutama kepada generasi penerus bangsa.

Untuk itu, melalui upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober inilah seluruh bangsa Indonesia sebutnya kembali diingatkan akan momen pilu pertumpahan darah para pahlawan dalam menjaga dan mempertahankan ideologi Pancasila. Upacara sebagai bentuk penghormatan ini harapnya dapat meningkatkan semangat juang kesatuan bangsa dan keutuhan negara Indonesia.

“Dari momen-momen yang ada pada 30 September dan 1 Oktober itu, kita mengingat kembali. Sebagai belasungkawa kita kepada para pahlawan yang berjuang untuk mempertahankan ideologi kita, Pancasila. Kita sangat bangga, Pancasila bisa dipertahankan meskipun dengan tumpah darah. Tugas generasi kedepan, pahami dan tanamkan Pancasila, teruskan perjuangan ini demi NKRI,” pungkasnya. (resa/pt)