Berita

Jadi Media Online Pertama di Kaltim, Busam.id Lolos Sertifikasi ADM & Faktual Dewan Pers

  •   Sefty Wulandari
  •   4 Oktober 2023
  •   3:50pm
  •   Berita
  •   516 kali dilihat

Jadi Media Online Pertama di Kaltim, Busam.id Lolos Sertifikasi ADM & Faktual Dewan Pers

Samarinda - Media online Busam.id berhasil meraih sertifikasi dari Dewan Pers, yang mencakup verifikasi administrasi dan faktual. Pencapaian ini menjadi tonggak sejarah yang membanggakan, dengan menjadi satu-satunya media online di Kalimantan Timur yang memperoleh sertifikasi tersebut di tahun 2023. Muhammad Faisal selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur, mengapresiasi pencapaian ini.

"Alhamdulillah, selamat dan sukses untuk Busam.id, yang satu-satunya di tahun ini, tahun 2023 untuk media online mendapatkan verifikasi faktual dan administratif dari Dewan Pers," ujarnya, Selasa (3/10/23).

"Semoga pencapaian ini menjadi inspirasi bagi media online lainnya untuk menjalankan proses legalitas dan terpenting untuk Busam.id, dapat selalu menyajikan informasi berkualitas bagi masyarakat," paparnya.

Muhammad Khaidir selaku Redaktur Pelaksana Busam.id, turut memberikan penjelasan terkait predikat sertifikasi yang diraih. Ia menekankan bahwa pencapaian ini adalah hasil kerja keras seluruh tim di Busam.id, termasuk di redaksi dan dalam divisi marketing.

"Pencapaian ini, adalah amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Pastinya media yang terverifikasi harus menjalankan fungsi jurnalistik dan mematuhi kode etik dengan sungguh-sungguh," paparnya.

Khaidir menegaskan komitmen Busam.id untuk menjaga kualitas berita dan kuantitas, dengan menghindari praktek penyalinan isi berita atau copy-paste (copas) serta upaya yang tidak memadai dalam humas dan lainnya.

"Busam.id pastinya akan selalu berkomitmen untuk menyajikan berita informatif dan aktual kepada masyarakat, menjadikan pemberitaan yang berintegritas sebagai prioritas utama dalam setiap penerbitan berita," tutup Khaidir. (busamid/sef/pt)