Berita

Isran : Budidayakan Patin Sungai Mahakam!! Lemaknya Nyaman.

  •   Leliyana Andriyani
  •   14 Juni 2021
  •   12:07pm
  •   Berita
  •   449 kali dilihat

KUTAI BARAT. Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berharap di Kutai Barat ada pembudidayaan Patin Sungai. Hal tersebut disampaikannya pada saat menjawab pertanyaan salah seorang peserta dialog yang merupakan salah seorang petani yang tergabung dalam kelompok tani yang ada di Kutai Barat pada saat acara di areal perkebunan karet Kampung Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat, Jumat silam (11/6).

“Yang nyaman itu Patin sungai yang berasal dari sungai Mahakam dan bagus itu kalau diternakan, karena ada lemaknya kalau dimakan, ciri cirinya patin sungai itu perutnya kuning warnanya” kata orang nomor satu di Kaltim ini.

Ditambahkannya lagi kalau disuruh memilih antara ikan Patin sungai dengan ikan Patin yang dari benih berasal dari Garut dan Bogor,
“Kalau saya milih patin sungai daripada patin yang diternak, kalau bisa gimana caranya kita membudidayakan patin yang ada di sungai Mahakam, waah itu bagus, ciri khas, biar sedikit tapi nilainya lebih mahal harganya,” sambungnya bersemangat sekali.

Mengenai rasa ikan Patin sungai Mahakam dipastikan nyaman,
“Saya kalau makan patin itu jangan dibuangin isi perutnya itu, nah itu nyaman lemaknya, sama dengan patin sungai Musi yang di Sumetera Selatan, kalo kita bisa membudidayakan itu bagus benar,” ujar Isran untuk kedua kalinya berucap agar ikan Patin Sungai Mahakam dapat dibudidayakan