Berita

Isra' Mi'raj Merupakan Pengalaman Spiritual Dan Monumental

  •   pipito
  •   11 Maret 2021
  •   7:48pm
  •   Berita
  •   748 kali dilihat

JAKARTA- Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin mengatakan peringatan Isra' Mi'raj merupakan peristiwa spiritual penting dan monumental bagi umat Islam.

Peristiwa itu menyatakan tanda-tanda kebesaran Allah melalui perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Hal ini disampaikan Wapres KH Ma'ruf Amin pada Peringatan Isra" Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan Tahun 2021 M/1442 H digelar secara daring  dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Rabu (10/3/2021) malam.

Melalui channel  Youtube Kemenag RI, Peringatan dengan mengusung tema “Spirit Isra' Mi'raj dalam Membangun Moderasi Beragama” peringatan Isra' Mi'raj Tingkat Kenegaraan Tahun 2021 M/1442 H merupakan Perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjdil Aqsa dan menuju langit, menjemput perintah Allah kepada umat untuk menunaikan salat lima waktu.

“Dengan peristiwa ini Nabi Muhammad SAW banyak mendapat manfaat, pengalaman dan pengetahuan. Nabi Muhammad adalah pemimpin besar yang bertugas memperbaiki kehidupan umat," kata KH Ma'ruf Amin.

Lanjut, Wapres peristiwa tersebut juga mengajarkan perlunya  sikap kepemimpinan yang sabar, bijaksana dan berkeadilan dalam menyampaikan misi dakwah dengan membangun umat lewat sikap moderat.

Dijelaskan Wapres, sikap moderat yang diajarkan Rasulullah lewat peristiwa Isra' Mi'raj dapat dijalankan dalam berbagai hal, mulai dari bersikap hingga beribadah yang tidak berlebihan dengan bersikap wasatiyah.

"Sikap moderat Nabi Muhammad ini sangat relevan dijadikan pedoman dalam memajukan bangsa Indonesia secara bersama-sama berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," pesannya.

Dalam perspektif Islam,  bangsa Indonesia dibangun berdasarkan kesepakatan dengan cara mengembangkan prinsip persaudaraan sesama anak bangsa dan persaudaraan Islam.

 "Mari kita bekerja keras dan bergotong royong mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera dengan berbuat kebajikan dan amal saleh yang pasti diganjar Allah dengan kehidupan yang baik di dunia serta balasan di akhirat kelak," ajaknya.

Sampai saat ini bangsa kita masih menghadapi pandemi. Mari kita terus bermohon kepada Allah agar pandemi segera berakhir dan terus berikhtiar bersama lewat vaksinasi nasional. Saya mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sembari memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah, ujarnya Wapres.

Gelaran spiritual umat muslim Indonesia yang berlangsung dengan protokol kesehatan Covid-19 ini menghadirkan Ustadz kondang Das'ad Latif yang juga dosen dan peneliti Universitas Hasanuddin Makassar untuk mengisi tausiyah. (youtubekemenag/pt)