Berita

Insan Pers Kaltim Gelar Konvensi Media Siber

  •   Rizky Kurniawan
  •   8 Januari 2022
  •   7:49pm
  •   Berita
  •   413 kali dilihat

Samarinda - Insan Pers Kalimantan Timur menggelar Konvensi Media Siber yang merupakan salah satu kegiatan dari acara “Outlook Pers Kaltim 2022”. Selain konvensi, diadakan pula pertemuan tokoh-tokoh pers lintas generasi dengan tema “Wartawan Legend Bedapatan” di Balroom Swiss Bellhotel Samarinda, Sabtu 8(/1).

Konvensi media siber muncul setelah melihat dinamika pertumbuhan media siber di Kaltim yang saat ini diperkirakan telah mencapai 170 media. Sebagian media-media online itu belum bergabung dalam organisasi pers seperti Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) atau AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia).

Ketua Panitia Pelaksana Charles Siahaan mengungkapkan dari sekitar 170 media online di Kaltim umumnya juga belum terverifikasi oleh Dewan Pers. Bahkan baru beberapa media saja.

“Uniknya. Meski media-media siber ini belum memenuhi syarat undang-undang pers nomor 40 tahun 1999, mereka bisa menyedot APBD melalui kontrak-kontrak kerjasama publikasi,” ujar Charles saat menjadi moderator.

Konvensi Media Siber mengambil tema “Standard Perusahaan Pers” dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal dan Sekretaris DPRD Kaltim Muhammad Ramadhan.

Menurut, Faisal Kepala Diskominfo Kaltim kegiatan ini tidak hanya sekedar ajang reunian, tetapi juga sebagai evaluasi kehidupan pers selama tahun 2021 dan melangkah menatap masa depan tahun 2022.

“Selain reuni dan silaturahmi, saat ini berkembang berbagai isu pers lokal. Momentum kegiatan ini sangat bagus, harus ada output positif baik bagi dunia pers pada masa mendatang,” ujar Faisal.

Ditambahkannya, tujuan kami pemerintah merangkul media untuk dapat bisa mendesiminasikan informasi seluas luasnya, semakin banyak maka akan semakin bagus.

Untuk diketahui, turut hadir Narasumber lain adalah Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers, M Agung Dharmajaya serta para ketua organisasi perusahaan media siber di Kaltim, yaitu M Sukri (Ketua JMSI Kaltim), Rahman Amin (Ketua SMSI Kaltim) dan Sumarsono (Ketua AMSI Kaltim).