Berita

Inovasi Kios SIGAP Mengamankan Pasokan Bahan Pokok Jelang Hari Besar Keagamaan di Samarinda

  •   Hendra Saputra
  •   7 Maret 2024
  •   11:19am
  •   Berita
  •   238 kali dilihat

Samarinda – Kios Siap Jaga Harga dan Pasokan (SIGAP), sebuah inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan pemangku kepentingan untuk mengendalikan inflasi dan menjaga ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat, hadir menjelang hari besar keagamaan.

“Ada 11 bahan pokok penting yang memicu inflasi terbesaran dan semua itu ada kami sediakan di sini, Kios SIGAP,” jelas Dirut PT. Kaltim Melati Bhakti Satya, Aji M Abidharta W. Hakim.

Kios SIGAP, yang beralamatkan di Pasar Segiri lantai 2, diresmikan oleh Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik dan pejabat lainnya baru -bari ini.

Adapun Salah satu tugas pemerintah adalah mengintervensi harga bahan pokok penting (Bapokting) yang tidak wajar. Oleh karena itu, diciptakan toko penyeimbang pertama dan satu-satunya di Benua Etam ini.

Aji, sapaan akrabnya, berharap harga bisa stabil dan pasokan aman sehingga masyarakat tidak kebingungan lagi dalam mencari bahan pokok.

“Insya Allah dalam enam bulan ke depan kami dapat kepastian dari para suplayer untuk menjaga ketersediaan Bapokting,” harapnya.

Harga-harga di toko penyeimbang ini relatif lebih rendah daripada harga pasar, yakni beras medium seharga Rp57.500 per lima kilogram, beras premium Rp72.000 per lima kilogram, ayam pedaging Rp35.000 per ekor, cabai Rp62.000 per kilogram, minyak goreng Rp16.000 per liter, gula pasir Rp17.500 per kilogram, telur ayam ras Rp58.000 per kilogram, serta bawang merah Rp28.000 per kilogram.

Pelaku UMKM yang tertarik untuk berjualan di Kios SIGAP dapat menghubungi PT Melati Bhakti Setya Kaltim di Basuki Rahmat nomor 45.

"Nantinya, tenant-tenant yang mendaftar akan disaring dan dikurasi sesuai dengan jenis tenant yang dibutuhkan,"imbuhnya (hend/pt)