Berita

Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh Di HUT RI Ke 76

  •   Leliyana Andriyani
  •   17 Agustus 2021
  •   11:06am
  •   Berita
  •   220 kali dilihat

Samarinda - "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" menjadi tema dalam HUT RI Ke-76. Pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi pun dilaksanaan diseluruh penjuru Tanah Air dengan mengibarkan Sang Merah Putih.

Tidak terkecuali di Kalimantan Timur sebagai IKN baru yang meskipun sempt dilanda hujan deras dan mundur 30 menit dari pelaksanaan awal pukul 09.00 WITA menjadi pukul 09.30 WITA.

Tentunya ada makna yang ingin disampaikan dalam HUT RI kali ini terkhusus dimasa pandemi Covid-19. Tema mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, logo '7' diartikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Logo tersebut juga menggambarkan 'Kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila, yang menjadi landasan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Sedangkan angka '6' dimaknai sebagai 'orang dan roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan, yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Bentuk jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6 yang diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Adapun bentuk lingkaran di angka 6 diartikan sebagai pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai.

Sehingga secara umum terdapat empat makna logo HUT ke 76 RI tersebut.