Berita

Indeks Kemerdekaan Pers 2021 di Kaltim 82,27 %

  •   bagus setiawan
  •   30 April 2021
  •   12:58pm
  •   Berita
  •   389 kali dilihat

SAMARINDA- Kepala Dinas  Komunikasi dan Informatika  Provinsi  Kalimantan Timur, Muhammad Faisal  menghadiri  Forum Group Discussion ( FGD ) Dewan Pers. Bertempat di Hotel Midtown Samarinda Rabu (29/4/2021).

FGD Dewan pers tersebut mengenai  Survei Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2021 Prov Kaltim oleh Ahmad Djauhar selaku Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers yang di ikuti 10 Informan Ahli.

Hasil survey Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2021 di Kalimantan Timur 82, 27 % cukup bagus  dari segi kondisi lingkungan, Ekonomi dan Hukum.

Dari sudut pandang Kepala Dinas Kominfo Prov Kaltim, Muhamamad Faisal mengatakan score nilai Kemerdekaan Pers sudah cukup bagus dan membanggakan bagi insan pers yang ada di Kaltim.

“Kita pemerintah pasti dorong ini dengan pelatihan dan pendidikan Jurnalis. Seperti, sertifikasi wartawan yang bekerja sama swasta dan pemerintah. Dengan adanya wartawan bersertifikasi semakin pemerintah percaya dengan standard pemberitaan dan profesional,”  ujar Muhammad Faisal dalam diskusi tersebut .

Adapun 10 informan tersebut diantaranya, Muhammad  Faisal (Diskominfo Prov. Kaltim), (Diskominfo Kab. Berau), Akbar (DPRD Kaltim), Endro Effendi (PWI), Amir Hamzah (IJTI), Novi Abdi (AJI Balikpapan), Suryatman (Radio Suara Samarinda), Faroq Zamzami (Kaltim Post), Yudhi Perdana (berau.prokal.co), Sunarto Nurliah FISIP (Unmul), Akbar Ciptanto (KPID), Jufriansyah (LSM). (bgs/aty)