Berita

Ikuti Prokes Guna Hindari Lonjakan Covid-19 Pasca Lebaran

  •   Leliyana Andriyani
  •   14 Mei 2021
  •   10:17am
  •   Berita
  •   204 kali dilihat

SAMARINDA --- Terpantau untuk daerah Samarinda dan sekitarnya selama perayaan Idulfitri dihari pertama cukup banyak masyarakat tidak mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Hal tersebut nampak dari masyarakat yang tidak menggunakan masker saat pergi Sholat Ied di Mesjid. Walaupun jarak shaf saat sholat sudah diatur namun dihimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker secara sempurna menutupi hidung,mulut dan dagu.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaraan sholat Idul Fitri 2021 di masa pandemi Covid-19 yang tertuang dalam surat edaran nomor 7 tahun 2021.

Salah satunya, seluruh jemaah agar tetap memakai masker selama pelaksanaan sholat Idul Fitri dan selama menyimak khutbah Idul Fitri di masjid dan lapangan.

Selain itu masyarakat yang berkunjung ke rumah sanak keluarga dan sahabat juga banyak terlihat tidak menggunakan masker. Pasalnya penggunaan masker dapat membantu mengantisipasi penularan virus corona (Covid-19) yang begitu cepat sehingga sangat diperlukannya langkah pencegahan dan antisipasi agar virus ini tidak semakin menyebar luas menginfeksi masyarakat.

Jangan kendor untuk sehat dan terhindar dari Covid-19 yaitu dengan menerapkan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) & 3T (Testing, Tracing, Treatment) & Vaksinasi

Mengingat perayaan Idulfitri untuk kedua kalinya dilaksakanan dimasa pandemi Covid-19 maka harapan besar tidak akan terjadi lonjakan kasus pasca-Lebaran 2021. (DISKOMINFO/LA)