Berita

IKN Baru Siap Jadi Wajah Dari Indonesia Sentris

  •   Leliyana Andriyani
  •   25 April 2021
  •   4:40pm
  •   Berita
  •   3264 kali dilihat

PENAJAM --- Angan-angan kini menjadi nyata saat Presiden RI Joko Widodo menetapkan Kalimantan Timur sebagai IKN Baru.

 

Dikutip dalam pernyataan lengkap Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Senin (26/8/2019) bahwa Kenapa di Kaltim? 1. Risiko bencana minimal. Baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran, gunung berapi dan tanah longsor. 2. Berada di tengah-tengah Indonesia. 3. Berdekatan dengan wilayah perkotaan yang berkembang yaitu Balikpapan dan Samarinda. 4. Memiliki infrastruktur yang relatif lengkap. 5. Tersedia lahan 180 ribu hektare.

 

Tentunya rasa bangga, optimis dan semangat akan adanya pemerataan diluar Pulau Jawa kini semakin nyata didepan mata. Namun, tidak ditepis bahwa ada besar rasa khawatir dan takut akan pembangunan IKN baru terkhusus bagi penduduk setempat yang akan menjadi marginal, hanya akan menjadi penonton atau malah tersingkir ?

 

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan bahwa Ibu Kota Negara adalah langkah penting menuju Indonesia Sentris.

 

Indonesia sentris adalah suatu konsep yang mencakup gagasan kebangkitan nasional serta persatuan Indonesia untuk bersama mensejahterakan bangsa yang tidak terfokus di pulau Jawa saja, tetapi diperuntukkan bagi rakyat seluruh Indonesia.

 

Dalam visi Indonesia sentris adalah untuk mewujudkan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yaitu membangun Indonesia dari pinggir, yang pada akhirnya pembangunan akan terus dilakukan di seluruh tanah air sehingga akan berdampak kemanfaatannya bagi kegiatan ekonomi dan sarana masyarakat.

 

Harso menekankan bahwa dibutuhkannya mental pemenang karena pembangunan IKN baru ini bukan hanya milik Bappenas saja atau milik masyarakat Jakarta saja namun milik seluruh masyarakat Indonesia dan tidak terkecuali masyarakat Kalimantan Timur.

 

Akukturasi budaya dengan proses adaptasi kebudayaan dan tetap mempertahankan kebudayaan lama menjadi point penting juga yang disampaikan Harso saat berbincang pagi di depan Pelatanan Rumah Dinas Bupati Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur di Jalan Negara Bumi Harapan, Landasan Helikopter Guest House Trunen Sepaku, Jumat (23/4).

 

Harapan besar agar masyarakat Kalimantan Timur harus membuktikan bahwa IKN memang layak dan pantas berada di Benua Etam dan menjadi wajah dari Indonesia Sentris. (DISKOMINFO/LA)