Berita

Hutan Di Kaltim Masih Bagus

  •   Bagus Setiawan
  •   8 Oktober 2023
  •   7:45pm
  •   Berita
  •   412 kali dilihat

Jakarta - Sejak zaman kuda makan tembaga, hingga kuda makan mentega, masyarakat Kaltim merupakan masyarakat yang sangat patuh. Meski adanya pembukaan lahan usaha, mereka tidak sembarangan menebang pohon, dengan program Pemerintah Tebang Pilih indonesia (TPI), terbukti hutan sekarang masih terjaga dengan baik. 

“Ini merupakan sumbangsih masyarakat Kaltim terhadap Indonesia" kata Isran Noor saat menjadi narasumber dalam acara Kick Andy Show yang disiarkan oleh Metro Tv dengan tema Bumi Semakin Panas, Minggu (08/10/2023) malam.

Gubernur Kaltim periode tahun 2018-2023 itu turut menuturkan, dengan luas wilayah Kaltim sebesar 12,7 juta m², separuhnya adalah hutan.

Ia menyatakan hutan Kaltim masih bagus dan tidak ada kata gersang, meskipun ada lahan tambang. 

"Masih bagus hutannya, tidak ada kata gersang, mengapa tidak ada lahan gersang? Coba lihat lahan yang bekas tambang, ketika turun hujan, tanpa ditanam itu rumput alami akan tumbuh dengan sendirinya yang akan menutup lahan dan menjadi hijau kembali, itu hebatnya Kalimantan Timur" sambungnya.

Dengan adanya penurunan emisi gas karbon, Kaltim mendapat kompensasi dari Bank Dunia sebesar US$ 110 juta, dari hal tersebut terbukti menjadi manfaat bagi seluruh daerah bahkan seluruh dunia. 

Isran juga menyebutkan Ini juga merupakan buah dan hasil kerja dari Mantan Gubernur Kaltim sebelumnya, Awang Faroek Ishak dimana dengan program Perda dan Pergub "Kaltim Green" dan sekarang mendapatkan hasil berupa uang kompensasi, yang bisa dipergunakan untuk Bumi Etam. (Bgs/sef/ty)