Berita

HUT Dekranas Ke-44 Resmi Ditutup, Transaksi Expo Capai Rp 4,3 Miliar

  •   Rizky Kurniawan
  •   19 Mei 2024
  •   9:48am
  •   Berita
  •   226 kali dilihat

Surakarta - Malam penutupan rangkaian kegiatan HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo sudah mencapai puncaknya dan berlangsung meriah dengan penampilan grup band Yovie and Nuno menghibur warga Kota Surakarta, bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5) malam.

Acara dihadiri oleh Walikota Surakarta yang juga Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka beserta isteri Ketua Dekranasda Kota Surakarta Selvi Ananda dan berbagai pihak termasuk Menteri Dalam Negeri serta Pj Gubernur Jawa Tengah.

Ketua Panitia Dekranas 2024 Loemongga Agus Gumiwang mengatakan bahwa acara dan rangkaian dari HUT ke-44 Dekranas sebagai wadah saling meyalurkan kreasi, ketrampilan, dan inovasi. Serta menumbuhkan minat kreativitas kerajinan untuk seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kota Surakarta sebagai tuan rumah dari acara ini.

"Maka dari itu diadakanya program ini khususnya di wilayah kota Surakarta sebagai tuan rumah, acara ini diharapkan dapat memajukan warisan bangsa," ucap Loemongga.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Dekranas Loemongga Agus Gumiwang menjelaskan selama 4 hari dilaksanakannya rangkaian HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo, dalam perjalanannya diisi Expo UMKM yang memamerkan produk terbaik perwakilan tiap provinsi, kirab budaya, hingga hiburan.

"Kami sangat gembira dengan hasil pameran selama 4 hari ini, berdasarkan data yang kami terima hingga saat ini didapati jumlah pengunjung lebih dari 13 ribu orang. Dengan nilai transaksi yang mencapai Rp 4,3 miliar," kata Loemongga saat memberikan sambutan.

Pada kesempatan tersebut, Loemongga mengatakan acara ini tidak akan bisa berjalan maksimal jika tidak ada keikutsertaan oleh pihak- pihak terkait lainya.

Acara ini diharapkan dapat menjadikan inspirasi bagi generasi muda dalam memajukan dunia perindustrian baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, Wapres terpilih Gibran mengaku puas dengan event tersebut. Menurutnya, antuasis warga cukup baik dan uang yang berputar sangat tinggi.

"Cukup baik, ramai, perputaran uangnya juga luar biasa utamanya yang ada di booth-booth.
Keterlibatan warga, pawainya juga ramai," kata Gibran.

Gibran menambahkan, event Dekranas itu juga berdampak baik bagi hotel, UMKM yang terlibat hingga ojek online.

"Bagus bagus, hotelnya ramai, UMKM nya terlibat semua, seniman yang terlibat, yang kecil 2 kayak ojol perias kepakai semua," pungkasnya. (Rzk/ty)