Berita

Hasil Pemantauan Mudik Lebaran Tahun 2024, Ombudsman: Sudah Memenuhi Standar Keamanan dan Kenyamanan

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   27 Mei 2024
  •   4:05pm
  •   Berita
  •   157 kali dilihat

 

Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia telah melakukan pemantauan arus mudik dan balik lebaran tahun 2024 di 34 provinsi. Tercatat total lokasi pemantauan sebanyak 104 lokasi yang terdiri dari mudik reguler dan mudik gratis di berbagai terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, bandara dan jalan tol atau rest area.

Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus menuturkan, hasil pemantauan mudik lebaran tahun 2024 sudah berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan dan kenyamanan. Pengawasan efektif sangatlah penting untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan masyarakat dalam perjalanan mudik.

“Ombudsman memastikan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik terkait dengan mudik itu memenuhi standar keamanan keselamatan dan kenyamanan yang telah ditetapkan. Kami dari Ombudsman melakukan pengecekan mulai dari fasilitas, sarana dan prasarana, keamanan, transportasi, kesehatan pengemudi, kesiapan petugas sehingga kelancaran arus mudik lebaran bisa terlaksana sesuai harapan. Saya melihat sudah banyak kemajuan yang dicapai melalui rapat evaluasi,” tutur Bobby pada giat Penyerahan Laporan Hasil Pemantauan Mudik Lebaran Tahun 2024 yang dipantau secara daring, Senin (27/5/20240).

Menurut Bobby, penyelenggaraan pelayanan publik terkait arus mudik yang telah berlangsung menunjukkan bahwa kolaborasi yang sangat baik telah berlangsung, antara pemerintah pusat, daerah, BUMN, masyarakat dan tentu juga ombudsman sebagai lembaga pengawasan.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran pemerintah pusat maupun daerah, BUMN dan semua pihak terlibat dalam melakukan pengawasan pelaksanaan arus mudik ini,” katanya.

Dirinya menambahkan, ada beberapa indikator kemajuan yang disampaikan pada tahap evaluasi. Seperti, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan bahwa kecepatan rata-rata Jakarta-Semarang lebih baik daripada tahun lalu. Kemudian, pihak kepolisian menyampaikan bahwa korban kecelakaan juga sudah jauh menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jadi, tentu indikator-indikator ini membahagiakan kami semua untuk bisa kami pertahankan dan tingkatkan pada tahun-tahun yang akan datang," katanya.

Adapun Kebijakan penyelenggaraan mudik memprioritaskan keselamatan dan keamanan merupakan bagian yang penting. Ombudsman sebagai lembaga negara yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pelayanan memastikan keselamatan dan keamanan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. (cht/pt)