Berita

Hari Lanjut Usia Nasional, Momentum Tingkatkan Martabat Lansia Dalam Masyarakat

  •   prabawati
  •   20 Juni 2024
  •   12:31pm
  •   Berita
  •   155 kali dilihat

 Samarinda - Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei merupakan momen bagi Republik Indonesia untuk memberikan penghargaan atas semangat, jiwa raga, serta peran penting dan strategis para lanjut usia dalam mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan, dan memajukan bangsa.

 Dalam rangka memperingati HLUN ke-28, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengadakan kegiatan Peringatan Hari  Lanjut Usia Nasional ke 28 di Gedung Olah Bebaya, Komplek Kantor Gubernur Kaltim, pada Kamis (20/6).

 Tema tahun ini adalah "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat."

 Mewakili Pj Gubernur Kaltim, Kepala Dinas Sosial Kaltim, Andi Muhammad Ishak, menyampaikan bahwa lanjut usia adalah fase kehidupan yang pasti dialami oleh setiap orang. Sudah menjadi kewajiban untuk memastikan bahwa mereka dapat menjalani kehidupan dengan rasa aman, nyaman, dan bahagia.

 Lansia yang terawat dengan baik bukan hanya mencerminkan kepedulian kita sebagai masyarakat yang beradab, tetapi juga mencerminkan martabat bangsa," tuturnya.

 Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para lansia.

 "Dengan demikian, dapat mewujudkan Indonesia yang bermartabat, di mana setiap lanjut usia merasa dihargai, diakui, dan dicintai," tambahnya.

 Kolonel Arm Arief Darmawan, Kasi Pers Kasrem 091/ASN, juga menegaskan bahwa peringatan HLUN merupakan wujud penghargaan kepada para lansia yang telah berjasa membangun bangsa dan negara.

 "Para lansia merupakan sumber inspirasi, pengetahuan, dan pengalaman bagi generasi muda," ujarnya.

 Pada acara tersebut, Dinas Sosial Kaltim memberikan bantuan berupa 200 paket sembako, 5 kacamata baca, 50 kursi roda, serta menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Mata Provinsi Kaltim untuk pemeriksaan mata bagi lansia. Ke depannya, mereka berencana melakukan operasi mata katarak bagi para lansia. Selain itu, bantuan sosial kebutuhan dasar diserahkan kepada 200 orang.

 Acara ini dihadiri oleh Waka Polres Samarinda, AKBP Eko Budiarto, Kasi D Bid Inteligen Kejaksaan Tinggi Kaltim, Adief Syuwandaru, para kepala Perangkat Daerah di lingkungan Provinsi Kaltim, para veteran, dan para lansia. (Prb/ty)

 

Foto : Penrem 091/ASN