Berita

Hadapi IKN SDM Kaltim Harus Gali Potensi dan Tingkatkan Kapasitas

  •   Sefty Wulandari
  •   1 November 2022
  •   2:46pm
  •   Berita
  •   370 kali dilihat

Hadapi IKN SDM Kaltim Harus Gali Potensi dan Tingkatkan Kapasitas.

Samarinda - Zaman terus berputar, teknologi terus berkembang dan kian maju. Perubahan demi perubahan menciptakan peluang juga tantangan. Begitupula dengan pembangunan di seluruh Indonesia tak terkecuali Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Humas sebagai garda terdepan dalam diseminasi informasi harus cermat dan cepat tanggap terhadap berbagai isu, serta proaktif untuk meningkatkan kapasitas yang dimilikinya.

Pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah terus galakkan berbagai upaya sebagai bentuk kepedulian akan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Kaltim yang merupakan daerah terpilih sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru juga tak luput penuhi kebutuhan ini. Namun, disamping itu peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM Humas juga harus muncul dari diri personal masing-masing.

“Upaya untuk menggali potensi dan mendorong kapasitas humas sepenuhnya di Kaltim harus terus ditingkatkan dan diperkuat, hal ini dilakukan mengingat peran humas sebagai jembatan informasi kepada masyarakat terkait banyak hal, tak terkecuali dengan adanya IKN ini,” jelas Rizal Effendi saat menjadi salah satu narasumber dalam Forum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (BAKOHUMAS) garapan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, hari Selasa (01/11/2022).

Mantan orang nomor satu di Kota Beriman (Balikpapan) ini juga menyoroti tentang isu strategis pembangunan IKN di Kaltim. Baginya, peningkatan sektor-sektor penunjang pembangunan IKN tak hanya melulu soal pembangunan fisik, namun lebih kompleks daripada itu.

“Kaltim memerlukan SDM yang berkualitas juga berdaya saing tinggi. Produktivitas dan Kreatifitas SDM daerah tidak boleh kalah. Harus bangkit, harus bisa penuhi kebutuhan pembangunan yang beretika dan bertanggung jawab dan tentunya tidak bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan,” sambungnya.

Diskusi intens pun berlanjut antara penulis buku “Bukan Pak Wali Lagi” tersebut dengan para peserta. Forum silaturahmi para Humas yang berlangsung di Hotel Aston itu, menjadi wadah bertukar pikiran, tak hanya terkait persoalan peningkatan SDM Kaltim, namun juga masa depan Bumi Etam. Di akhir sesi, Rizal pun turut membagikan buku karyanya kepada sejumlah peserta yang aktif bertanya. (sw/pt)