Berita

Gubernur Sematkan Penganugrahan Tanda Penghargaan bagi Pengurus Gerakan Pramuka

  •   Bagus Setiawan
  •   28 Agustus 2023
  •   4:57pm
  •   Berita
  •   489 kali dilihat

Balikpapan – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor memberikan Penganugerahan Tanda Penghargaan bagi para pengurus Gerakan Pramuka di Bumi Etam. 

Penganugerahan penghargaan tersebut disematkan kepada para pengurus tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) maupun Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten/Kota yang memiliki peran dan berkontribusi pada gerakan kepanduan. Penghargaan diberikan langsung oleh Isran Noor dalam Upacara Besar Peringatan Hari Pramuka ke-62 di halaman parkir BSCC Dome, Senin (28/8) pagi. 

Dihadiri seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Kaltim, Isran membacakan sambutan Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka Indonesia Komjen Pol (Purn.) Budi Waseso. 

Pramuka Indonesia sebagai gerakan kepanduan yang dibentuk sejak 14 Agustus 1961 ini, telah berkontribusi dalam membantu pemerintah mewujudkan generasi yang berpendidikan dan berkarakter. 

"Mari kita wujudkan sumber daya manusia yang profesioanal dan berwawasan kebangsaan. Oleh karena itu, wawasan kebangsaan menjadi sangat penting dan harus dijaga, agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur,” ungkap Isran mewakili Mabinas Komjen Pol (Purn.) Budi Waseso.

Secara pribadi, Isran juga mewakili istrinya, Alm Norbaiti Isran selaku Ketua Kwarda Kaltim. Ia menyampaikan pesan terakhir Ketua Kwarda Kaltim Alm Norbaiti Isran kepada para seluruh anggota dan pengurus Gerakan Pramuka di Kaltim.

"Atas nama mendiang, saya memohon maaf jika belum banyak berbuat untuk kepentingan Pramuka Kaltim. Dan kalau ada hal-hal yang kurang berkenan mohon dimaafkan teruntuk Almarhumah Norbaiti Isran,” ungkapnya. 

Ada sebanyak 40 penerima Penganugerahan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka tahun 2023. Mereka menerima penyematan Lencana Melati, Darma Bakti, Karya Bakti, dan Pancawarsa dari Gubernur Kaltim. 

Para penerima tersebut, di antaranya adalah Hadi Mulyadi Waka Mabida Kaltim, Basri Rase selaku Ketua Mabicab Kota Bontang, Bonifasius Belawan Geh Ketua Mabicab Mahakam Ulu , Fx. Yapan Ketua Mabicab Kutai Barat, Hamdam Ketua Mabicab Penajam Paser Utara, Sri Juniarsih Mas Ketua Mabicab Berau, Muhammad Faisal, Waka/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika-Kwarda Kaltim serta para pengurus lainnya. (Bvs/ty)