Berita

Gubernur Kaltim Mulakan Sosialisasi Smart City dan FGD Kawasan IKN Baru

  •   resa septy
  •   28 Desember 2021
  •   8:31pm
  •   Berita
  •   362 kali dilihat

Samarinda - Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor resmi mulakan Sosialisasi Kota Cerdas (Smart City) dan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City)Pada Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Baru, bertempat di Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur, Selasa (28/12).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika ini merupakan tindaklanjut dari hasil FGD Penyusunan Masterplan Kota Cerdas  (Smart City) Kawasan Ibu Kota Negara Baru Tahap IV yang telah diselenggarakan secara daring pada tanggal 26 November 2021 lalu.

“Pada hari ini saya merasa bangga dan berbahagia hingga atas nama pemerintah provinsi dan seluruh masyarakat Kalimantan Timur menyampaikan terima kasih kepada Kominfo yang telah melakukan inisiasi untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi Smart City,” ucap Isran Noor.

Menurutnya Sosialisasi dan FGD ini sangatlah penting, lantaran sebagai tindaklanjut keputusan Pemerintah Pusat untuk memindahkan Ibu Kota Negara ke Provinsi Kalimantan Timur yang nantinya tumbuh menjadi kota baru dengan tata kelola pemerintahan yang efektif, modern dan berstandar internasional sebagai identitas bangsa Indonesia.

Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Benua Etam tersebut turut menekankan perihal keputusan Pemerintah Pusat memilih Provinsi Kalimantan Timur sebagai calon IKN baru ialah bukan karena lobi Kepala Daerah. Melainkan murni berdasarkan kajian, urainya.

“Dengan dipindahkannya Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kaltim. Kalimantan Timur akan patuh dan taat pada hukum. Ibu Kota Negara bukan milik Kalimantan Timur, tapi milik seluruh bangsa Indonesia," sebutnya dengan tegas.

Harapan pun digantungkan olehnya agar seluruh Perangkat Daerah Kabupaten/Kota di Kaltim dapat mengambil peran dalam mewujudkan cita-cita bangsa, saling berkoordinasi, berkolaborasi dan berikan kontribusi nyata dalam pembangunan IKN nantinya.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Kepala Diskominfo Prov Kaltim, M.Faisal, perwakilan Walikota Balikpapan, Walikota Samarinda, Bupati Kukar, Bupati Paser, Bupati Penajam Paser Utara dan Bupati Kutai Barat serta Perangkat Daerah (PD) Diskominfo Kabupaten/Kota PPU, Paser, Balikpapan, Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan Samarinda. (resa/pt)