Berita

Gubernur Kaltim, Isran Noor, Resmikan Gedung Baru Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim

  •   Hendra Saputra
  •   13 September 2023
  •   1:55pm
  •   Berita
  •   484 kali dilihat

Samarinda - Hari Rabu (13/9/2023) menjadi momentum bersejarah dengan peresmian Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Timur yang terletak di Jalan MT. Haryono No. 18 Samarinda.

Gubernur Kaltim, Isran Noor, dengan kehadiran Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, Kepala DLH Kaltim, E.A. Rafiddin Rizal, Sekretaris Diskominfo Kaltim, Edi Hermawanto Noor, serta kepala OPD lingkup Pemprov Kaltim dan perwakilan dari Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, meresmikan penggunaan gedung kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tersebut.

Gubernur Kaltim, Isran Noor, dalam sambutannya mengungkapkan harapannya bahwa gedung ini akan menjadi pusat pelayanan yang bermanfaat bagi seluruh warga dan masyarakat di Kalimantan Timur.

Ia juga menekankan pentingnya masalah lingkungan sebagai isu global yang tidak hanya berkaitan dengan masyarakat setempat, tetapi juga dengan dunia secara keseluruhan.

"Gedung ini merupakan hasil pembangunan yang memakan waktu hampir 2 (dua) tahun setengah dengan anggaran yang cukup besar. Namun, hari ini, kita merasa bangga dan puas akan peresmiannya, "terangnya.

Selama acara tersebut, Kepala DLH Kaltim, E.A. Rafiddin Rizal, menjelaskan sejarah pembangunan Gedung DLH Provinsi Kaltim. Prosesnya dimulai pada tahun 2015, ketika Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim melakukan lelang untuk perencanaan dan pembangunan gedung ini. Meski mengalami hambatan anggaran, tahun 2022 akhirnya menjadi tahun penyelesaian dengan anggaran sebesar Rp. 40.572.247.102,56.

Gedung DLH Provinsi Kaltim ini, lanjutnya memiliki berbagai fasilitas, termasuk bangunan utama dengan 4 lantai dan rooftop, lahan parkir kendaraan, ruang pompa, ruang genset, ruang panel, bangunan untuk bank sampah dan pos jaga. Semua ini mencerminkan upaya yang luar biasa dalam memajukan lingkungan hidup di Kalimantan Timur. (hend/pt)