Berita

Gubernur Buka Rakortek P3DN di Berau 

  •   Khajjar Rohmah
  •   3 Agustus 2023
  •   12:17pm
  •   Berita
  •   366 kali dilihat

Tanjung Redeb, Berau - Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur Kaltim ke wilayah utara, berakhir di Berau. Isran Noor menutup rangkaian kerjanya dengan menghadiri dan membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) se-Kaltim di Hotel Bumi Segah Tanjung Redeb, Kamis (3/8/2023).

Dalam arahannya, Gubernur mengapresiasi pencapaian Kalimantan Timur yang meraih peringkat kedua secara nasional sebagai provinsi dengan realisasi penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) tertinggi di Indonesia. 

Kaltim tercatat memiliki realisasi PDN sebesar Rp 3,1 Triliun. Nilai realisasi itu tepat di bawah DKI Jakarta yang berada di posisi pertama dengan realisasi PDN sebesar Rp 6,8 Triliun. 

"Posisi nomor dua, hebat. Dari pada nomor 10," ungkap Gubernur Isran dengan guyonan khasnya.

Namun bagi Isran, realitanya Kaltim jauh lebih tinggi dalam realisasi produk dalam negeri. Hal itu dibuktikan dengan produksi batu bara yang menjadi kebutuhan energi nasional. 

"Kaltim produsen batu bara terbesar di Indonesia. Batu bara itu, juga produk dalam negeri," ujarnya menekankan. 

Kegiatan rakortek juga dirangkai dengan penyerahan bantuan operasional dari SKPD Provinsi Kaltim untuk para penerima di Kabupaten Berau. Bantuan-bantuan tersebut di antaranya bantuan Pupuk NPK dan herbisida dan alat pompa pemadam kebakaran dari Dinas Perkebunan, alat produksi UMKM dari Disperindagkop, bantuan fasilitas miniranch dari DPKH, Bankeu desa dan Bumdes dari DPMPD, dan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni dari DPUPR Pera. 

Seremoni pembukaan Rakortek P3DN ditutup dengan penandatanganan bersama Komitmen Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk Produk Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UMKK). 

Turut hadir dalam giat tersebut, Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih Mas, Ketua DPRD Berau Madri Pani, Aggota DPD RI Dapil Kaltim Nanang Sulaiman, Sekda Kaltim Sri Wahyuni dan jajaran Kepala OPD Kaltim. (Krv/pt)