Berita

Governmet Public Relations (GPR) Harus Dilengkapi Dengan Pengetahuan

  •   Bagus Setiawan
  •   6 Juli 2023
  •   12:45pm
  •   Berita
  •   333 kali dilihat

Balikpapan - Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi bagi Pengelola Media Sosial Pemerintah Se- Kalimantan Timur, yang di selenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur mengusung tema, Strategi Komunikasi Krisis dan Evaluasi Kerja Media Sosial Pemerintaahan.

 

Bertempat di Balroom Hotel Novotel, acara dibuka Kepaala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal, mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur. Dalam sambutannya Sekda Provinsi Kaltim mengatakan bahwa tujuan penggunaan dan pemanfaatan media sosial hanyalah salah satu sarana untuk melakukan publikasi. Saat ini penggunaannya melalui internet sangat menunjang kinerja instansi pemerintah di daerah, sehingga pemanfaatan dan penggunaannya masih terlihat satu arah, padahal ini merupakan sarana komunikasi dua arah, harusnya mampu lebih melibatkan komunikasi dan interaksi dengan masyarakat.(6/7)

"Hubungan masyarakat dan Pemerintah seyogyanya dapat terbangun dari pemanfaatan yang efektif dari media sosial saat ini, hampir semua instansi pemerintah sudah menggunakan dan memanfaatkannya untuk publikasi dan mendiseminasikan program dan kebijakan pemerintah di daerah masing-masing" ujar Faisal. 

 

Kemudian saat ini keberadaan media sosial pemerintah tidak akan menarik minat masyarakat karena isi kontennya yang kaku dan kurang menggelitik keingintahuan masyakarakat. Untuk itu melalui bimtek pengelolaan media dengan tema yang tepat, yaitu Strategi Komunikasi Krisis dan Evaluasi Kerja Media Sosial Instansi Pemerintah ini diharapkan mampu memberikan masukan-masukan yang berarti bagi pengelola media di instansi masing-masing agar dalam mempublikasikan program dan kebijakan serta keberhasilan Pemerintah Daerah, juga menyerap aspirasi masyarakat, sehingga opini yang berkembang dalam masyarakat dapat membuat citra pemerintah lebih baik, sehingga pemerintah mendapat dukungan masyarakat.

Komunikasi dan interaksi masyarakat serta mau melibatkan diri untuk berpartisipasi dalam pembangunan untuk memajukan daerahnya. Fungsi pengelola media disetiap instansi pemerintah dalam menjalankan fungsi Sebagai Governmet Public Relations (GPR) harus dilengkapi dengan pengetahuan yang memadai dan jika kita dapat memaknai dan mengambil ilmu pengetahuan serta keterampilan yang akan kita dapatkan dalam bimtek ini. (Bgs/ty)