Berita

Forum Kehumasan Kopilaborasi 2023: Menyongsong Pemilu Serentak 2024 dengan Meningkatkan Literasi Media

  •   pipito
  •   30 Oktober 2023
  •   7:12pm
  •   Berita
  •   409 kali dilihat

Surabaya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur sukses menggelar Forum Kehumasan Kopilaborasi. Acara ini merupakan bagian dari Rangkaian Kegiatan Forum Kehumasan Penghargaan Jatim Public Relation Award (JPRA) dan Anugerah Pewarta Warga (APW) tahun 2023. Dengan kerjasama antara Kementerian Kominfo dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, acara ini digelar di Ballroom Hotel Vasa pada Senin (30/10/2023).

Acara dimulai dengan penampilan tarian khas Jawa Timur, diikuti oleh sekitar 300 peserta dari Dinas Kominfo Se-Indonesia dan para Praktisi Kehumasan.

Sherlita Ratna Dewi Agustin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, menyampaikan bahwa kesuksesan Pilkada Pemilu Serentak, disertai dengan kesadaran bersama, juga menyoroti pentingnya peran media sebagai arena kontestasi politik pembentukan opini publik yang sehat. Menyikapi Pesta Demokrasi tahun 2024.

Ia menekankan bahwa para Insan Kehumasan memiliki peran penting sebagai penjernih informasi, seperti yang dikutip dari Sambutan Presiden Joko Widodo pada Hari Pers Nasional di Medan beberapa waktu lalu. Mereka diharapkan dapat menyampaikan berita yang tepat, aktual dan dapat dipertanggungjawabkan.

Agustin mencatat bahwa hasil survei menunjukkan semakin berkurangnya media yang memberikan informasi. H. Assyari, Kepala Bidang IKP Diskominfo Jawa Timur, menambahkan bahwa kualitas demokrasi sebuah negara dapat diukur dari kualitas informasinya. Dalam era banjir informasi, literasi media menjadi penting agar masyarakat dapat bersikap kritis dan cerdas terhadap berita yang disajikan oleh media.

Sementara itu, Kepala Bidang IKP Diskominfo Jawa Timur, H. Assyari yang mengatakan salah satu parameter dunia yang maju adalah kualitas demokrasinya. Dengan banjirnya informasi tidak menjanjikan bangunan informasi yang dibina menjadi hancur. Oleh karenanya dibutuhkan Literasi Media, sehingga Masyarakat mampu menjadi kritis dan cerdas terhadap pemberitaan yang disajikan oleh media.

Lanjut ia katakana, kegiatan ini diadakan untuk membantu para Insan Kehumasan Pemerintah berperan dan bersinergi dalam meningkatkan literasi media, khususnya menghadapi Pemilu Serentak tahun 2024.

“Tujuannya adalah menyatukan langkah dan meningkatkan peran Kehumasan dalam mengimbangi berita hoaks serta menyebarkan berita yang benar mengenai Pemilu Serentak 2024, “bebernya.

Dengan tema "Sinergi Komunikasi Anti Hoaks di Media Digital Kontestasi Pemilu Serentak 2024", acara ini menghadirkan narasumber seperti Usman Kansong, S.Sos, M.Si (Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI), Windarti Satriya Untung (Deputy Head of Survey and Data Katadata Insight Center), dan Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM (Akademisi Unitomo Surabaya). (pt)

 

Foto: Yenney