Berita

Forum Bakohumas Sangat Diperlukan Untuk Menyampaikan Informasi Tentang IKN

  •   Hendra Saputra
  •   1 November 2022
  •   5:00pm
  •   Berita
  •   266 kali dilihat

Samarinda –  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim menyelenggarakan Forum Bakohumas tahun 2022 dengan tema “Peran Kehumasan dalam Menyambut Kehadiran IKN dan Masa Depan SDM Kaltim”, pada Selasa (01/11/2022) bertempat di Hotel Aston Jalan Pangeran Hidayatullah Samarinda.

Peserta yang hadir diantaranya berasal dari perangkat humas di lingkup perangkat daerah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, organisasi vertikal, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, serta rumah sakit.

Salah satu peserta Forum BAKOHUMAS 2022 dari Diskominfo Kabupaten Kutai Barat melalui Kepala Bidang IKP, Yesi Alexander menyampaikan untuk Forum Bakohumas 2022 ini sangat diperlukan bagi semua masyarakat se Kaltim. Kenapa demikian? Karena, untuk menyampaikan informasi, menyamakan persepsi dan pemikiran serta mencari solusi.

“Dalam hal penyampaian informasi, seperti informasi masyarakat tentang IKN, dengan pemberitaan terkait Ibu Kota Nusantara dengan bahasa yang seragam. Kemudian, apa yang dibutuhkan Ibu Kota Nusantara seperti persyaratan yang dibutuhkan yang terkadang tidak tersampaikan ke masyarakat. Kita sebagai Humasnya Pemerintah wajiblah menyampaikan informasi baik dan benar yang sering terjadi informasi simpang siur jadi kita dikehumasan ini memang harusnya menyampaikan hal tersebut.

Karena, lanjutnya sebagai Pemerintah harus netral menyampaikan baik dan benar.  Seperti, penyampaian solusi bahkan penyampaian terkait Sumber Daya Manusia (SDM) bisa saja informasi tidak sampai ke masyarakat. Jangan sampai salah persepsi nanti, gunanya Forum Bakohumas ini agar punya persepsi yang benar untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan seperti adanya perpecahan.

“Dengan diadakannya Forum Bakohumas 2022 sangat bagus, diharapkan pada 2024 mendatang menginformasikan kepada masyarakat bahwa sudah berkantor di IKN Nusantara. Jika  itu sudah disampaikan otomatis sudah tahu jadi kita sudah persiapkan diri  juga untuk meningkatkan skill atau kemampuan. Kedepan kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilaksanakan kembali, “harapnya.

Menurutnya, sebagai Perwakilan dari Kutai Barat dalam forum Bakohumas 2022 ini  jangan terlambat koordinasinya, tapi dengan acara ini dapat sharing dan bertukar informasi. (hend/pt)