Berita

FGD Perencanaan Smart Province Sebagai Akselerasi Masterplan Smart City

  •   Rizky Kurniawan
  •   6 Oktober 2023
  •   1:30pm
  •   Berita
  •   430 kali dilihat

Derawan - Smart Province adalah provinsi yang mengembangkan dan mengelola berbagai sumber daya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai permasalahan daerah melalui inovasi yang terpadu dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan, Akademisi Universitas Telkom Bandung, Sony Fajar Surya saat menjadi narasumber Focus Grup Discussion (FGD) Perencanaan Smart Province Kalimantan Timur bertempat di Winda Cottage Derawan Island, Jumat (6/10).

"Saat ini kominfo sedang melakukan rilis dua percontohan dua provinsi di seluruh Indonesia, diantaranya Jawa Barat dan Yogyakarta yang harus melaksanakan kegiatan pendampingan penyusunan masterplane smart city," ungkap Sony.

Lanjutnya, ditempat yang sama ia mengatakan sebagai tata kelola kota yang pintar serta tata pamong pemerintahan daerah yang cerdas mampu mengubah pola-pola tradisional dalam birokrasi sehingga menghasilkan business proses yang lebih cepat, efektif, efisien, komunikatif dan selalu melakukan perbaikan.

"Pelaksanaan program pembangunan di daerah harus mampu mengikuti perkembangan jaman agar mampu memberikan layanan masyarakat dengan penerapan sistem yang lebih modern," ujarnya.

Focus Grup Discussion (FGD) di hadiri Kepala Bidang Aptika Diskominfo Kaltim Hj Normalina serta jajaran perangkat daerah Diskominfo Kabupaten dan Kota se Kaltim. (Rzk/ty)