Berita

Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara

  •   Hendra Saputra
  •   26 Oktober 2022
  •   11:41am
  •   Berita
  •   396 kali dilihat

Tenggarong - Forum Keroan Bena Basa Kutai bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kukar, Thauhid Afrilian Noor, S.P., M.Si diikuti oleh 150-an undangan dan peserta dari beberapa kecamatan di Kukar. Bertempat di Aula SMP Negeri 1 Tenggarong, Selasa (25/10/2022).

Ketua Panitia, Sulaiman, S.Pd., M.Pd dan Koordinator Pengembangan Kantor Bahasa Provinsi Kaltim, Yudianti Herawati, S.S., M.A. berharap agar FTBI Tingkat Kabupaten ini dapat menjadi ajang untuk melestarikan bahasa Melayu Kutai dan memilih tunas-tunas bahasa ibu yang berkompeten untuk maju ke tingkat provinsi dan nasional.

“Semoga kegiatan FTBI ini tetap terus berjalan di tahun-tahun berikutnya dan pelaksanaannya akan lebih baik lagi,” kata Yudianti Herawati.

Adapun tujuan utama kegiatan tersebut, lanjutnya melestarikan bahasa Melayu Kutai agar tetap kuat dan terus berkembang sehingga tidak terancam punah.

Diketahui, Kegiatan ini diikuti peserta yang tampil untuk diseleksi maju ke tingkat provinsi sekitar 40 peserta, yaitu dari lomba puisi SD, dongeng, puisi SMP dan Tarsul. Peserta sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan  FTBI tersebut. (hend/pt)