Berita

Faisal: Profesional Tidak Hanya Soal Pekerjaan

  •   resa septy
  •   1 Oktober 2021
  •   12:32pm
  •   Berita
  •   415 kali dilihat

Samarinda - Menuju dunia kerja profesional, setiap insan sudah semestinya mempersiapkan diri untuk memasukinya. Profesionalisme tidak hanya menyangkut tentang pekerjaan, namun lebih daripada itu. Profesionalitas selalu dibutuhkan dalam ragam aktifitas setiap orang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal sebagai pemateri dalam Online Lecture Series Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda dengan tema “Persiapkan Diri Menuju Dunia Profesional” menyatakan hal tersebut secara virtual Zoom, Jumat (1/10).

“Jadi profesional tidak hanya soal pekerjaan, tetapi selalu dibutuhkan setiap orang dimana pun dan kapan pun. Adik-adik juga harus profesional sebagai mahasiswa. Dengarkan dengan baik, kembangkan ilmu pengetahuan, apa yang didapat hari ini diskusikan, bandingkan, pelajari. Terus seperti itu, Insyallah akan menjadi yang terbaik,” ucap Faisal.

Adapun tiga hal penting disampaikan Faisal kepada para mahasiswa untuk ditanamkan guna peningkatan kualitas diri munuju dunia kerja profesional diantaranya ialah skill, knowledge dan attitude.
Namun, ketiga hal tersebut juga perlu didukung oleh kreatifitas, rajin, disiplin, terus belajar, konsisten, jujur dan beretika.

“Dalam konteks yang positif, menjadi profesional itu ada dalam perilaku yang senantiasa meningkatkan kompetensi dan memberikan hasil yang terbaik. Menjadi berintegritas diwujudkan dalam perilaku jujur, tulus, ikhlas, disiplin, konsisten dan bertanggung jawab. Saya rasa nilai- nilai utama dan contoh perilaku ini sudah ada di setiap pernyataan budaya kerja masing-masing,” pungkasnya. (resa/pt)