Berita

Faisal Kaji Interkoneksi Jaringan Internet OPD Kaltim

  •   teguh p
  •   4 Februari 2021
  •   4:43am
  •   Berita
  •   379 kali dilihat

SAMARINDA – Kebutuhan akan layanan internet di instansi membuat peranan jaringan internet  sangat diperlukan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menginisiasi perkembangan jaringan internet antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Jika dibilang sudah terhubung, saat ini kita sudah terhubung. Namun, semangat mengITkan menggebu-gebu. Sehingga, setelah jaringan sudah terhubung kemudian selanjutnya tidak tahu dimanfaatkan maksimal atau tidak, “ungkap Faisal saat menjadi narasumber pada acara FGD Perumusan Kebijakan Ekonomi Makro Daerah, Kamis (4/2/2021).

Untuk saat ini telah menghubungkan 19 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, bebernya.

Maksimalkan pemanfaatan semoga ini didukung, kita bisa mengefesienkan anggaran dengan terhubungnya jaringan ini seharusnya antar lintas ini akan gampang terkoneksi, ungkapnya.

Faisal keluhkan pemanfaatan 19 OPD ini belum maksimal karena telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, kita lagi mengkaji dulu apakah memaksimalkan yang 19 OPD ini atau melanjutkan ke semua OPD.

“Kita membayar jaringan internet di masing – masing OPD itu berapa, ditempat saya saja (Diskominfo) ada 4 atau 5 saluran di Bappeda mungkin beberapa saluran, ketika biaya itu dikumpulkan akan tahu berapa total semuanya,” jelas Faisal.

Kedepan, jika Bappeda memerlukan bandwith besar, maka akan difasilitasi oleh Diskominfo. Namun jika hanya untuk membuka sosial media saja seperti facebook, maka akan dikurangi. Untuk mengatur itu semua, Diskominfo memiliki satu sentral, ucap Faisal. (diskominfo/teguh p/pt)