Berita

Edi Pastikan Pelayanan KB Tetap Berjalan Dimasa Pandemi

  •   prabawati
  •   8 Oktober 2021
  •   4:13pm
  •   Berita
  •   364 kali dilihat

Samarinda - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim Drs Muhammad Edi Muin memastikan program Keluarga Berencana (KB) tetap berjalan selama masa pandemi Covid-19.

"Kita harus tetap bisa memberikan pelayanan KB ke masyarakat,"kata Edi saat dikonfirmasi disela pelaksanaan vaksinasi massal, di TP PKK Kota Samarinda, Jum'at (8/10).

Edi mengatakan di masa pandemi ini intensitas pelaksanaan KB masih tetap berjalan di masyarakat.

Terlihat kondisi sekarang sudah mulai normal para bidan mandiri sudah aktif di tempatnya untuk menunggu dan melaksanakan KB.

Lanjutnya, fungsi peran PKB di lapangan diharapnya bisa memainkan perannya secara maksimal.

Untuk meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi, jelas Edi ada beberapa langkah yang dilakukan seperti door to door bagi masyarakat.

Langkah tersebut dilakukan guna mempermudah masyarakat yang ingin memasang alat kontrasepsi, namun masih tidak berani datang ke fasilitas KB akibat Pandemi Covid-19.

Edi pun mengatakan, pihaknya sempat ragu akan pendistribusian alat kontrasepsi, hal ini dikarenakan akses ke pelayanan kesehatan terbatas di masa pandemi Covid-19.

Pemerintah tetap mendorong program KB bagi masyarakat, di mana pelaksanaannya juga ditekankan dalam hal perencanaan  membangun keluarga dan  edukasi kesehatan reproduksi. (Prb/ty).