Berita

DPP KORPRI Kaltim Laksanakan Seleksi MTQ Tingkat Provinsi

  •   prabawati
  •   1 Juni 2022
  •   7:02pm
  •   Berita
  •   300 kali dilihat

Balikpapan - Pelaksanaan MTQ KORPRI ke 6 Tingkat Nasional di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tinggal 4 bulan lagi, yaitu pada Bulan Oktober 2022.

Untuk itu, pada Rabu 1 Juni 2022 Dewan Pengurus Provinsi Korps Pegawai Republik Indonesia (DPP KORPRI) meleksanakan Seleksi MTQ Tingkat Provinsi Kaltim yang berlangsung di Hotel Jatra, Balikpapan.

Mewakili Wakil Gubernur, Ketua DPP KORPRI Kaltim, Jauhar Efendi mengatakan MTQ KORPRI sebagai bagian dari pembinaan anggota KORPRI memiliki makna penting dan strategis dalam upaya menciptakan insan yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Untuk mengirim peserta dari Kaltim yang akan berlaga di tingkat nasional sebut Jauhar, tentu tidak boleh sembarangan.

"Jangan asal comot, karena itu langkah sistematis dan terukur adalah melakukan seleksi,"terangnya.

Dilihat dari sisi usia dan jabatan peserta cukup variatif. Sebut saja untuk Cabang Azan, dari  Berau mengirim utusan pejabat eselon II, yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK), Ilyas Natsir, yang telah berusia 57 tahun.

Dirinya mengatakan seleksi dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 1 hingga 2 Juni 2022. Diikuti 48  peserta  terdiri dari 33 peserta pria dan 15 peserta wanita yang dikirim dari Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten/Kota se Kaltim.

Jauhar pun berharap posisi Kaltim semakin baik di pentas nasional, dibandingkan pada saat MTQ di Kendari tahun 2021 yang lalu.

Sekretaris DPP KORPRI Provinsi, Diddy Rusdiansyah, yang juga sekaligus sebagai Ketua Panitia, melaporkan, bahwa ada 7 cabang yang dilombakan, yaitu Tartil Qur'an, Tilawah, Tahfidz/Hifdzil Qur'an, Khat Al-Qur'an, Lomba Azan, Lomba Khutbah dan Lomba doa.

Yang menarik, untuk cabang tahfidz, ada (3) golongan, yaitu golongan hafalan juz 30 atau juz amma, golongan hafalan Surah Al-Baqarah, dan golongan hafalan Surah Ali Imran dan An-Nisak.

Adapun Cabang Khat Al-Qur'an dibagi 2 (dua) golongan, yaitu golongan kaligrafi dekorasi, dan golongan kaligrafi kontemporer. (MJE/Prb/ty).