Berita

DPD MASATA Kaltim Resmi Dilantik

  •   ade putri
  •   31 Januari 2021
  •   1:49pm
  •   Berita
  •   740 kali dilihat

SAMARINDA — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Provinsi Kaltim resmi dilantik pada Pelantikan Nasional II Masata.

Ketua Umum DPP Masata, Panca Rudolf Sarungu  secara resmi melantik 30 DPD dan DPC serta 1 Komite Singapura. Acara pelantikan dilakukan secara hybrid (fisik dan Virtual). Pelantikan fisik berlangsung di Ruang Sebarguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (30/1/2021).

Pelantikan dihadiri Wakil Gubernur, Hadi Mulyadi, Wakil Ketua DPRD, Kaltim Sigit Wibowo, Kadis Kominfo Kaltim, Muhammad Faisal, Kadis Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni serta pengurus Masata.

Ketua Umum DPP Masata, Panca Rudolf Sarungu  mengungkapkan kekagumannya pada potensi-potensi alam wisata di Provinsi Kalimantan Timur.  Dimana Katim akan menjadi calon Ibukota Negara (IKN).

Pelantikan ini merupakan Pelantikan Nasional Ke-II, dimana sebelumnya Pelantikan Nasional Pertama hampir melantik kurang lebih 50 DPD dan DPC Kabupaten/kota Di Jakarta. Merupakan  bagian dari sebuah kolaborasi, dimana tidak hanya melantik DPD dan DPC di Indonesia namun, juga melantik 1 (satu) Komite Singapura.

“Kita akan punya Komite Luar Negeri yang ada di Negara-negara yang juga akan menjadi partner atau perwakilan di luar negeri. Seperti jika di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) punya Duta Besar( Dubes), kami juga memiliki Kepala-Kepala Perwakilan Pariwisata di Luar negeri,  yang mana DPD yang ada di Provinsi/Kabupaten/Kota bisa berkolaborasi. Mereka adalah diaspora-diaspora yang terpilih memiliki semangat yang luar biasa untuk membangun mempromosikan Indonesia,” terangnya.

Sementara, Ketua DPD Masata Kaltim, Sri Agustina dalam sambutannya mengatakan memiliki berbagai program yang diantaranya akan dilaksanakan di Provinsi Kaltim. Terdapat tiga hal sebagai berikut, pertama kolaborasi, kedua program desa wisata, ketiga peningkatan kapasitas SDM pelaku wisata di Provinsi Kaltim.

“Saat ini kami juga tengah mengexplorasi objek-objek wisata yang baru berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata baru Provinsi Kaltim yang disebut dengan Cipta Destinasi Wisata,” tegasnya.

DPD Masata Kaltim sangat mengharapkan dukungan dari Pemprov Kaltim melalui Wagub Kaltim, Dinas terkait dan siap bekerja sama dengan berbagai pihak menjadi bagian dari ekosistem pariwisata Provinsi Kaltim untuk memajukan Masata Pariwisata Indonesia khususnya Prov Kaltim.

“Saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada para pihak yang mendukung kegiatan Masata pada hari ini salah satunya Pemprov Kaltim,” ucapnya. (diskominfo/ade/pt)