Berita

DLH Kaltim Ajak Masyarakat Lestarikan Bumi Menuju Lingkungan Hidup Berkelanjutan

  •   Ceppy
  •   5 Juni 2024
  •   9:42pm
  •   Berita
  •   194 kali dilihat

Samarinda – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia , Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur hadir dalam program wawancara Ngapeh, garapan TVRI Kalimantan Timur, Rabu (05/06/2024).

Obrolan berfokus pada peringatan internasional yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya oleh seluruh negara di dunia.

Mewakili Kepala Dinas, Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur M.Chamidin hadir untuk mewartakan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur mengenai peringatan yang pada tahun 2024 dipusatkan di negara Arab Saudi ini.

Chamidin menuturkan bahwa hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan momentum penting bagi kita semua untuk merefleksikan pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan di sekitar.

“Ini merupakan kesempatan untuk mengingatkan diri sendiri dan orang lain tentang tanggung jawab kita sebagai manusia untuk menjaga keberlangsungan alam semesta ini” tutur Chamidin.

Hal ini selaras dengan tema yang dicanangkan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 yakni “Restorasi Lahan, Penggurunan dan Ketahanan terhadap kekeringan” dikarenakan dunia saat ini sedang menghadapi triple planetary crisis yang instens.

Dikatakan pula, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur tidak hanya tinggal diam, berbagai berkomitmen diwujudkan mulai dari pengelolaan sumber daya alam, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, serta pembangunan berkelanjutan.

Lanjut ia katakan Kalimantan Timur melaksanakan berbagai upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, hingga pengawasan dan penegakan hukum.

“Yang mana upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tersebut diimplementasikan melalui progam, kegiatan, dan sub kegiatan yang termuat dalam rencana strategis dinas dengan mengacu pada target yang ditetapkan dalam revisi RPJMD Kalimantan Timur,” sambungnya.

Selain itu, Chamidin juga menggaris bawahi bahwa peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan menjadi nilai penting dari seluruh upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Misalnya, mayarakat dapat berperan langsung bahu membahu menjaga lingkungan Kalimantan Timur melalui berbagai program yang digawangi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tmur diantaranya Kampung Iklim, Adiwiyata, hingga Kalpataru.

Di akhir kesempatannya, Chamidin mengajak langsung kepada seluruh masyarakat khususnya di Kalimantan Timur untuk turut serta bekerjasama memulihkan kerusakan alam demi masa depan yang berkelanjutan yang dimulai dari menjaga dan memelihara lingkungan hidup di sekitar.

“Karena kunci untuk membalikkan degradasi yang terjadi adalah pemulihan lingkungan” tukasnya. (cpy/pt)

Sumber : PPID DLH Kaltim