Berita

DKP3A Kaltim Serahkan Bantuan Laptop dan PC All-in-One untuk Meningkatkan Kinerja Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur

  •   Hendra Saputra
  •   10 Januari 2024
  •   7:06am
  •   Berita
  •   322 kali dilihat

Samarinda - Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kalimantan Timur memberikan bantuan berupa Laptop dan PC All-in-One kepada 10 Kabupaten/Kota.

Penyerahan simbolis dilakukan oleh Pj. Gubernur Kaltim, Akmal Malik, pada Malam Penganugrahan Kaltim Award dan Ramah Tamah Hut ke-67 Provinsi Kalimantan Timur di gedung Plenary Convention Hall Samarinda, Selasa (9/1/2024) malam.

Noryani Sorayalita selaku Kepala DKP3A Kaltim, menyatakan bahwa bantuan ini diberikan untuk mendukung Sistem Informasi Administrasi Kependudukan terpusat, guna memenuhi kebutuhan Identitas

Kependudukan Digital (IKD). Menurut data dari Dirjen Dukcapil Kemendagri, Provinsi Kalimantan Timur memiliki hampir 4 juta jiwa yang wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan dari jumlah tersebut, sekitar 670.000 jiwa diharapkan menjadi IKD.

Saat ini, lanjutnya realisasi mencapai 13,61%, di bawah target nasional 25%. Bantuan berupa Laptop dan PC All-in-One diberikan kepada kabupaten/kota untuk mendukung Sistem Informasi Administrasi Kependudukan terpusat, syarat utama untuk mendukung IKD. Laptop tersebut diharapkan dapat membantu kabupaten/kota dalam aktivasi IKD.

DKP3A berharap bantuan ini dapat meningkatkan kinerja kabupaten/kota dalam mencapai target IKD, mendukung administrasi kependudukan terpusat dan secara keseluruhan meningkatkan pelayanan publik. (hend/pt)