Berita

Dispora Kaltim Ajak Non PNS & Pemuda Tanam 100 Pohon

  •   teguh p
  •   16 Januari 2021
  •   4:35am
  •   Berita
  •   412 kali dilihat

SAMARINDA-  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim ajak Non PNS dan Pemuda Tanam 100 pohon.  Penanaman Pohon di kawasan tepian Sungai Karang Mumus tepatnya di Muang Ilir Lempake, dalam menyambut Hut Provinsi Kaltim ke-64 sekaligus Hari Gerakan Satu Juta Pohon (HGSJP).

Kadispora Kaltim, Agus Tianur, yang turut serta langsung menanam pohon, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk memberi dan mengajarkan kepedulian pemuda terhadap lingkungan.

"Pohon juga merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertumbuhan manusia. Kita ingin pemuda Kaltim memiliki jiwa yang peduli lingkungan, kegiatan menanam pohon ini tidak hanya hari ini aja, akan jadi agenda rutin untuk pegawai Dispora dan Pemuda binaannya,"jelasnya.

Di hari GSJP, ini pemuda harus mengetahui salah satu penyebab bencana banjir yang sering melanda Kota Samarinda khususnya dan longsor adalah karena tanaman berfungsi pengikat air atau pencegah erosi.

Tenaga Kontrak atau Non PNS pun diajak terlibat di kegiatan kali ini dan akan terus melibatkan mereka di berbagai kegiatan kepemudaan.

"Non PNS di Dispora ini sebagian besar masih berusia pemuda, sehingga saya ingin mengajak dan membuka pikiran mereka hingga jangan nyaman dengan status sekarang, mereka harus berkembang,"tegas Agus.

Berkembang di sini jelas Agus adalah berani berwirausaha atau berkarya di luar pemerintahan mumpung usia mereka masih muda.

Adapun dalam kegiatan penanaman 100 pohon dengan jenis gaharu, nangka, kapur, meranti dan pulai. Kegiatan tersebut selain diikuti tenaga non pns, komunitas pemuda yang mengikuti diantaranya petani milenial, Bem Fakultas Pertanian Unmul, Lembaga Dakwah Kampus Pertanian, Himpunan Mahasiswa Pertanian, Pramuka Peduli, Pemuda Peduli Sampah dan Earth Hour. (Diskominfo/teguh/pt)

(Sumber DISPORA KALTIM)