Berita

Disperindagkop Kaltim Menyelenggarakan Harkonas 2023 untuk Memperkuat Perlindungan Konsumen

  •   Hendra Saputra
  •   2 Juli 2023
  •   12:42pm
  •   Berita
  •   715 kali dilihat

Samarinda - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Acara Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2023 di GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda pada Minggu, 2 Juli 2023.

Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Timur diselenggarakan dengan berbagai kegiatan, termasuk Senam Pagi, Jalan Sehat, Pasar Murah hingga Talkshow.

Acara Harkonas 2023 dihadiri oleh beberapa tokoh, antara lain Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kaltim, Ir. Ujang Rachmad, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih, Staf Ahli Bidang III (Bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah, dan Kesra), Christianus Benny, Staf Ahli Gubernur Bidang 1 Politik, Hukum, dan Keamanan Provinsi Kaltim, Ririn Sari Dewi, serta perwakilan dari Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, dan masyarakat Samarinda.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan tiga narasumber dalam Talkshow dengan tema "Hati-Hati Belanja Online," di antaranya Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindagkop UKM Kaltim, Heni Purwaningsih, Moga Simatupang dari Dirjen PKTN dan Tulus Abadi dari Ketua YLKI Jakarta.

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kaltim, Ujang Rachmad, mewakili Gubernur Kaltim, secara resmi membuka acara ini dan menyatakan bahwa selain acara Jalan Sehat Harkonas, hari ini juga menjadi kesempatan untuk berbelanja kebutuhan pokok di Pasar Murah dan menikmati Wisata Kuliner.

Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2023, meskipun tanggal resminya jatuh pada 20 April lalu, namun karena kesibukan, acara ini baru dapat dilaksanakan hari ini.

Tujuan utama dari penyelenggaraan acara ini adalah memastikan perlindungan konsumen di Kalimantan Timur, meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, serta mengingatkan produsen akan hak dan kewajibannya. Oleh karena itu, kedua belah pihak harus melaksanakan hak dan kewajibannya secara proporsional.

Dalam kesempatan tersebut juga disebutkan pada tahun 2022, Indeks Keberadayaan Konsumen (IKK) Kalimantan Timur mencapai 55,25, berada pada kategori Mampu, dengan kategori tertinggi yaitu Berdaya. Hal ini menunjukkan potensi Kalimantan Timur untuk mencapai IKK yang berada pada kategori Berdaya, sehingga perlu dilakukan upaya yang tepat guna untuk mencapainya.

“Perlu diingat bahwa acara ini juga terkait dengan upaya Kalimantan Timur dalam menjaga tingkat inflasi,” imbuhnya.

Pada periode Mei 2023, inflasi di Kaltim turun menjadi 0,2 dari bulan sebelumnya, yaitu 0,42. Penurunan ini disebabkan oleh penurunan harga transportasi. Namun, perlu diingat bahwa inflasi di Kaltim bulan ini dipengaruhi oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Dalam rangka pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga, Pemerintah Provinsi Kaltim melaksanakan strategi dengan menjaga ketersediaan pasokan, harga yang terjangkau, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif. (hend/pt)