Berita

Diskominfostandi Kab Mahulu Dapat Ikut Membantu Pelaksanaan Program Gubernur Kaltim

  •   Primayudha Amrullah
  •   7 Oktober 2021
  •   6:07pm
  •   Berita
  •   362 kali dilihat

Samarinda - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal menyambut hangat kunjungan Bulan Huvat selaku Kasi Statistik beserta rombongan dari Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Sandi (Diskominfostandi) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Faisal didampingi Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian, Dianto, Seksi Pengelolaan Data dan Integrasi Sistem Infomasi, Fahmy Asa, Seksi Keamanan Informasi dan Persandian, Agus Eko Santoso, Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi, Eva Yusefa beserta beberapa staf lainnya menerima audiensi Diskominfostandi Mahulu. Bertempat di ruang kerja Kadis Kominfo Kaltim, Kamis (7/9).

Kunjungan tersebut membahas beberapa hal terkait mengenai jaringan, server dan persandian. Baik dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), serta program Gubernur Kaltim dalam mengatasi blankspot.
Menanggapi hal tersebut, Faisal selaku Kadis Kominfo Kaltim berharap agar Diskominfostandi Kab Mahulu dapat ikut membantu pelaksanaan program Gubernur Kaltim.

“Dimulai dari memfokuskan penganggaran untuk mengatasi blankspot di desa-desa di wilayah Kabupaten Mahulu,” terang Faisal.

Diskominfostandi Kab Mahulu diharapkannya tidak hanya membuat Peraturan Gubernur tentang persandian saja, tetapi juga tentang SPBE dan Keterbukaan Informasi.

Faisal menegaskan bahwa Diskominfo Kaltim akan terus berupaya membukakan jalur akses jaringan internet dan memberikan kebijakan untuk dapat dikelola dengan baik. Sehingga kedepannya tidak lagi terdapat blankspot di wilayah desa pada Kab Mahulu khususnya.

Sementara, Dianto selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian menambahkan akan membantu kabupaten/kota kaitannya dengan persyaratan yang diminta oleh BSSN. Terutama dalam meningkatkan Sumber Daya Alam (SDM) yang ada dan akan terus memantau tiap kabupaten/kota dalam pengolahan sistem informasi tentang pengolahan data. Mengingat ini telah menjadi perhatian lebih di tiap-tiap provinsi untuk memberikan informasi yang baik dan akurat secara terbuka.

Diskominfo Kaltim akan membantu dan terus berupaya untuk menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan di masing-masing daerah.

“Terkait VPS untuk Kabupaten Makaham Ulu yang telah dikelola secara individual, Diskominfo Kaltim akan menentukan spesifikasi dan memberikan username dan password, untuk dikelola oleh Diskominfo Kabupaten Mahulu. Diskominfo Prov Kaltim tidak bertanggung jawab terhadap konten VPS, namun kami akan tetap melakukan backup secara berkala,“ ujar Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi, Eva Yusefa menambahkan. (odi/pt)