Diskominfo Kaltim Optimalkan Pemahaman dan Evaluasi Mutu Standar Pelayanan
Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur (Kaltim) terus mengoptimalkan pemahaman dan evaluasi mutu standar pelayanan publik. Upaya ini diwujudkan melalui kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Standar Pelayanan yang digelar, Senin (16/12/2024).
Langkah strategis ini bertujuan memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan efektif, transparan dan sesuai dengan kebutuhan zaman.
Sekretaris Diskominfo Kaltim, Edi Hermawanto Noor, mewakili Kepala Dinas, menyampaikan bahwa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat, penerapan standar pelayanan yang optimal adalah salah satu kunci utama dalam memberikan pelayanan publik yang profesional, transparan dan akuntabel.
“Standar pelayanan ini tidak hanya menjadi pedoman bagi kita dalam melaksanakan tugas, tetapi juga menjadi bentuk komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat mapun perangkat daerah yang membutuhkan,” ujar Edi.
Lebih lanjut, Edi menambahkan Standar pelayanan amatlah penting bagi perangkat daerah. Sebab, hal ini menjadi dasar untuk menjamin kualitas, konsistensi dan akuntabilitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.
Adapun, standar pelayanan memberikan panduan yang jelas bagi perangkat daerah tentang bagaimana layanan harus diberikan.
“Dengan adanya standar, masyarakat dapat menerima pelayanan yang sesuai dengan kualitas yang dijanjikan, baik dari segi waktu, biaya maupun proaedur,” pungkasnya.
Acara ini menghadirkan narasumber kompeten dari Biro Organisasi Provinsi Kaltim, yaitu Analis Tata Laksana, M. Fahmi Al Bachtimi.
Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman bersama mengenai standar pelayanan yang telah ditetapkan , agar dapat diimplementasikan secara konsisten dan efektif oleh seluruh pihak yang terlibat.
Selain itu, Kegiatan ini juga menjadi evaluasi terhadap pelaksanaan standar pelayanan Diskominfo Kaltim yang telah berjalan. Hal ini guna mengidentifikasi tantangan, peluang perbaikan dan inovasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu layanan. (Cpy/pt)
Foto : Adding
Simak juga berita ini di laman :
https://kaltimprov.go.id/detailberita/diskominfo-kaltim-optimalkan-pemahaman-dan-evaluasi-mutu-standar-pelayanan