Berita

Diskominfo Jadi Leader OPD Lain

  •   prabawati
  •   8 Juni 2021
  •   12:44pm
  •   Berita
  •   463 kali dilihat

Samarinda--Dalam rangka penyusunan satuan harga melalui aplikasi Sistem Informasi Daftar Harga (Sidirga), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim melaksanakan Sosialisasi dan Verifikasi SSH, ASB, SBU dan HSPK di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim yang berlangsung di Ruang Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK), Salasa (8/6)

Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah Taupik Rahman mengatakan kegiatn tersebut dapat menjadi acuan dalam merencanakan kebutuhan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).



"Saya harap diskominfo sebagai leader untuk organisasi perangkat daerah dalam penyusunan anggaran," ungkapnya

Dalam hal penyusunan satuan harga untuk masalah komunikasi dan informasi terkait internet, jaringan data center, pembangunan menara dan lainnya. Dengan begitu OPD lain nantinya bisa mengadop standar satuan harga yang dibuat boleh diskominfo.

Sedangkan Aplikasi Sidirga sendiri jelasnya merupakan jembatan untuk memudahkan OPD sebelum menginput data sebelum dimasukan di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

"Kalau kita langsung masukan ke SIPD otomatis langsung terkem dan tidak bisa dihapus, adanya sidirga ini dapat meminimalisir terhadinya kesalahan," terangnya

Untuk batas akhir pengimputan yakni terakhir tanggal 30 Juni 2021, sehingga target dipertengahan bulan Juli nantinya sudah clear dan siap dimasukan di SIPD.

"Bagi OPD yang bingung atau mengalami kesulitan dalam pengimputan anggran dapat berkonsultasi ke kantor kami selama jam kerja,"tuturnya.

Lanjutnya di tahun 2020 pihaknya agak mengalami kesukitan dikarenakan waktu yang diberikan dalam penyusanan anggaran dan penginputan data OPD.

Ia harap dengan adanya aplikasi Sidirga kedepan perencanan lebih baik lagi dalam hal pengganggaran agar semua kegiatan bisa terukur.

Disisi lain Sekretaris Diskominfo Kaltim Edi Hermawanto Noor menaruh harapan pihaknya bisa membahas keperluan teknis apa yang menjadi kebutuhan Kominfo sendiri.

"Teman-teman teknis nanti juga bisa memberikan masukan pada tim konsultan dibawah bidang pengeloaaan barang dan jasa pada kesepatam hari ini,"terangnya (Prb/ty)